JAKARTA, iNews.id - Google merilis insights konsumen otomotif di Indonesia selama pandemi Covid-19. Survei memperlihatkan sebagian besar konsumen menahan membeli mobil.
Meski demikian, Google Trends menunjukkan minat mereka membeli mobil tetap tinggi. Survei juga memperlihatkan banyak konsumen yang membeli mobil via online. Di mana mayoritas konsumen memilih membeli di situs resmi produsen mobil.
"Singkatnya, saluran pembelian online semakin berperan penting dalam pencarian untuk membeli mobil yang mereka minati," ujar Senior Tech and Telco Industry Analyst Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho, dalam video conference Foogle Meet, Jumat (14/8/2020).
Dia memaparkan 43 persen konsumen ingin membeli mobil via online, dan mayoritas pembeli (71 persen) ingin membeli langsung dari situs web dealer. Ini kenaikan sangat pesat jika dibandingkan pada 2019, hanya 4 persen konsumen yang siap membeli mobil via online.
“Cara masyarakat Indonesia dalam mencari konten relevan, riset, dan membeli mobil kini lebih bergeser ke online, dan itu didominasi orang-orang berusia 18-35 tahun,” katanya