Memiliki mobil SUV mewah rasa sportcar atau supercar menjadi idaman banyak pecinta otomotif. (Foto: Istimewa)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Memiliki mobil SUV mewah rasa sportcar atau supercar menjadi idaman banyak pecinta otomotif. Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan jenis kendaraan mobil penumpang yang dibuat khusus agar bisa menempuh segala macam medan.

Jenis kendaraan SUV terdiri dari berbagai kelas. Ciri mobil jenis SUV biasanya didukung dengan desain bodi yang kokoh dan mempunyai ground clearance tinggi. 

Namun, bagaimana jadinya jika mobil SUV hadir dengan desain mewah dan performa setara dengan sportcar atau supercar? Berikut deretan mobil SUV mewah rasa sportcar dengan mesin super sangar.

1. Tesla Model X 2020

Tesla Model X merupakan salah satu mobil tipe SUV bermesin listrik. Tesla Model X memiliki powertrain full listrik yang tangguh selayaknya SUV rasa supercar.

Tesla Model X dengan daya 75 kwh mampu melesat dengan kecepatan maksimal hingga kecepatan 210 km/jam dan jarak tempuh maksimal 380 kilometer. Mesin yang dipakai pada mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 643 hp dan torsi maksimal 840 Nm. 

Dibekali desain mewah, canggih dan kokoh, pengguna mobil ini dapat merasakan sensasi mobil SUV yang dipadukan dengan supercar sekaligus dengan harga di kisaran Rp3-4 miliar.

2. Lamborghini Urus 2020

Pabrikan supercar asal Italia, Lamborghini menjawab keinginan penggemar SUV dengan meluncurkan Lamborghini Urus pada 2020. Dirilisnya mobil berjenis SUV, tentu menjadi sebuah hal yang berbeda dari kebiasaan Lamborghini yang biasanya senantiasa merilis produk supercar dengan kapasitas tempat duduk hanya untuk dua orang. 

Lamborghini Urus benar-benar mencatat kecepatan yang lebih cepat selama latihan di atas es tersebut, yakni dengan kecepatan 302 km/jam (187,6 mil/jam). Super SUV ini juga mencetak rekor mencapai jarak 1.000 meter pada kecepatan rata-rata 114 km/jam (71 mil/jam) dari awal start. Harga Urus sekitar 8,5 miliar on the road (OTR) Jakarta.

3. Ford Mustang Mach-E GT 2021

Mobil ini adalah jenis kendaraan listrik sekaligus SUV pertama yang dirilis Mustang. EV flagship keluaran Ford ini tak diragukan lagi karena menjadi salah satu mobil paling menarik di pasaran.

Varian GT dirilis pada 2021 tersebut dibekali motor listrik bertenaga 459 daya kuda dan torsi 612 pound-feet. Mobil ini mampu melaju 0-60 mil per jam dalam waktu 3,5 detik. Sementara untuk jangkauannya, Mustang Mach-E GT yang bermotor listrik ini diklaim bisa mencapai 250 mil (402 kilometer) dalam sekali pengisian daya.

Jika ingin membeli SUV mewah dengan sensasi sports car, mobil ini dapat menjadi referensi yang bagus. Harganya sekitar Rp1 miliar of the road.

4. Porsche Cayenne Turbo GT 2022

Porsche Cayenne Turbo GT 2022 menjadi salah satu mobil berperforma tinggi dalam deretan line upnya. Jenis SUV terbaru ini diklaim sebagai pemecah rekor kecepatan dari Cayenne Turbo sebelumnya.

SUV jenis ini dibekali dengan mesin V8 4.0 liter twin-turbo yang dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan baru dan menawarkan perpindahan gigi lebih cepat. 

Mobil ini juga juga memperoleh tambahan piston, timing chain, dan peredam torsi baru. Hal itu memungkinkan mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga 631 hp atau 90 hp lebih besar dari Cayenne Turbo Coupe sebelumnya.

Catatan mengesankan saat pengetesan adalah ketika mobil ini mampu mencapai 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam waktu 3,1 detik dan dan melewati seperempat 402 m dalam waktu 11,6 detik. Kecepatan tertinggi mobil ini mencapai 300 km/jam yang bisa dicapai dalam waktu 38,9 detik pada saat pengujian. Tak heran, mobil ini benar-benar SUV dengan sensasi sport car ala Porsche. Mobil ini dibanderol  Rp3,97 miliar.

5. Mercedes-AMG GLE 63 S 2021

Ini adalah jenis SUV dengan performa paling garang yang dirilis pabrikan asal Jerman, Mercedes. Mercedes-AMG GLE 63 S didukung dengan mesin V8 4,0 liter twin-turbo plus teknologi EQ Boost mild-hybrid.

Tak heran, output yang dihasilkan adalah 603 daya kuda dengan torsi 627 pound-feet. Kecepatan maksimal SUV ini mencapai 174 mil per jam (280 kmj). SUV mewah rasa  sportcar ini dibanderol dengan harga mulai Rp1,7 miliar.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT