Terminal bus termewah (Foto: Instagram @pkuhuntersz)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa terminal bus termewah di Indonesia yang bisa Anda jelajahi. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Sebagai negara yang moda transportasi favoritnya adalah bus, Indonesia tentu memiliki banyak sekali terminal yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Beberapa di antaranya bisa dibilang terminal bus termewah.

Saking mewahnya, fasilitas yang dihadirkan mirip-mirip dengan bandara. Penasaran di mana saja terminal bus termewah di Indonesia? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (2/7/2022).

1. Terminal Mengwi, Bali

Terminal Mengwi di Bali memiliki fasilitas terbaik dengan desain bangunan yang cantik. Tidak hanya menawarkan kemewahan, terminal yang satu ini juga memiliki luas hingga 12 hektare. Dengan area yang luas, terminal jadi tampak bersih, tidak terlalu ramai.

2. Terminal Bandar Raya, Pekan Baru

Terminal Bandar Raya di Pekan Baru memiliki bentuk yang khas dengan arsitektur bergaya melayu. Luas terminal mencapai 27 hektare dengan biaya pembangunan hingga Rp57 miliar. Ada banyak fasilitas mewah yang ditawarkan oleh terminal ini.

Pertama adalah sistem pencatatan keluar dan masuk bus yang sudah menggunakan sistem komputer. Kemudian tersedia juga penginapan di dalamnya untuk penumpang yang pulang sampai larut dengan kapasitas untuk 50 orang terdiri atas kamar VIP dan juga ekonomi.

3. Terminal Purabaya, Jawa Timur

Terminal Purabaya yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo bukan hanya mendapat predikat terminal mewah, tapi juga terminal tersibuk di Asia Tenggara. Terminal berdiri megah dengan nuansa berkelas modern dan bersih layaknya bandara, lengkap dengan eskalator.

4. Terminal Pulogebang, Jakarta Timur 

Terminal Pulogebang adalah salah satu terminal tipe A. Diresmikan pada 28 September 2016 terminal bus tersebut merupakan terminal bus terbesar di Asia Tenggara dan menghabiskan anggaran sebesar Rp451 miliar dengan luas lahan sekitar 12 hektare.

Terminal Pulogebang terdiri dari empat bangunan yang memiliki fungsi berbeda-beda, yakni blok A untuk awak bus, blok B untuk rhang tunggu penumpang, blok C untuk kedatangan, dan blok D untuk Transjakarta. Khusus blok C memiliki empat lantai dengan beragam fasilitas.

5. Terminal Tirtonadi, Surakarta 

Sama seperti terminal Pulogebang, terminal Tirtonadi juga merupakan terminal tipe A dengan predikat terbaik dan terlengkap di Indonesia. Terminal ini dibangung dengan fasilitas bandara dan luas 5 hektare sehingga muat untuk menampung 140 kendaraan.

Terminal diakomodasi dengan maksimal, seperti zonasi kedatangan dengan ruang keberangkatan yang nyaman serta sejuk, fasilitas e-ticketing, ruang kesehatan, masjid, toilet serta CCTV dan juga keamanan 24 jam hingga skybridge yang membentang 438 m menghubungkan dengan stasiun solobalapan.



Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT