JAKARTA, iNews.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan penarikan kembali (recall) sebanyak 286.00 unit mobil terkait masalah fuel pump (pompa bahan bakar). Kendaraan yang terlibat dalam program perbaikan ini di antaranya Toyota Avanza dan Rush produksi 2017-2019.
Toyota menyebutkan recall dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan menjamin kualitas
produk serta menjaga keamaan dan keselamatan pengguna kendaraan.
“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan. Kami berterima kasih atas respons yang cepat dan aktif dari pelanggan, sehingga persentase kendaraan yang sudah diperbaiki cukup tinggi,” ujar Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan persnya dilansir Jumat (19/3/2021).
Aktivitas recall yang meliputi proses pengecekan dan penggantian parts sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali (gratis). Seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraannya.
Pada setiap aktivitas recall, Toyota menginformasikan hal tersebut kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, baik melalui surat resmi maupun melalui media massa dan situs resmi Toyota. Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam).
"Pelanggan dapat mengunjungi website resmi Toyota untuk pengecekan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall. Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan, untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan," kata Toyota.
Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.