Meski tidak memiliki pengalaman banyak, di usia baru menginjak 19 tahun Rudy Salim menjual mobil pemberian kedua orang tuanya sebagai modal bisnis. (Foto: Instagram Rudy Salim)
Dani M Dahwilani, Bertold Ananda

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tak kenal dengan Rudy Salim. Dia dikenal sebagai bos importir mobil mewah Prestige Image Motorcars. Perusahaannya juga menjadi Agen Pemegang Merek (APM) Renault di Indonesia.

Ini mencengangkan mengingat usianya masih 34 tahun. Pria kelahiran 24 April 1987 tersebut memiliki minat di dunia otomotif sejak usia muda.

"Saya buka showroom pada 2013, awalnya tiga mobil. Sekarang sudah delapan tahun lebih. Untuk saat ini saya dan rekan bisnis menjadi APM mobil Eropa, Reanult. Sebentar lagi akan IPO," ujar Rudy, dalam video podcast bersama Anang Hermansyah.

Sejak kuliah Rudy sudah mulai berbisnis di dunia game online dan microfinance. Dia kemudian memfokuskan diri di usaha bantuan dana untuk transaksi mikro dan memilih tidak melanjutkan kuliah.

Kegemarannya di dunia otomotif, dia tekuni sejak lama hingga sukes seperti sekarang ini. Dia menjadi bos showroom mobil mewah di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Karena memiliki nama belakang Salim, dia kerap disangka keluarga pemilik Indofood. Nyatanya dia tidak ada hubungan darah apapun dan hanya kebetulan namanya sama.

Rudy dilahirkan dari keluarga kaya yang kedua orang tuanya berkecimpung di dunia kedokteran. Rudy Salim pun mengenyam pendidikan dalam dunia kedokteran tetapi memilih keluar karena tidak sesuai passion.

Dia membuktikan ijazah tidak tidak bisa menjadi patokan kesuksesan. Rudy berhasil dalam bisnis hanya berbekal ijazah SMA. Meskipun, dia sempat melanjutkan sekolah dua kali, namun pada akhirnya Rudy memilih dan tidak melanjutkan kuliah.

Sosok Rudy Salim terbilang cukup nekat untuk memulai karier di dunia bisnis. Meski tidak memiliki pengalaman banyak, di usia baru menginjak 19 tahun dia menjual mobil pemberian kedua orang tuanya sebagai modal bisnis.

Uang dari penjualan mobil tersebut diputar dalam bisnis sehingga berhasil dan membuka showroom importir umum terbesar di Indonesia, yakni Prestige Image Motocars.

Tidak sampai di situ, Rudy mengepakan sayap bisnisnya di bidang kuliner, ritel, rumah produksi. Hingga saat ini dia kerap berkolaborasi dengan artis dan sejumlah tokoh. Terbaru dia menjadi chairman klub sepak bola RANS Cilegon FC bersama Raffi Ahmad. 

"Saya lebih percaya, jangan simpan telur dalam satu wadah, bisa pecah semua. Makanya kita harus merambah bisnis yang bagus ke depan," kata Rudy.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT