Volkswagen (VW) akan memboyong salah satu SUV andalannya, Tiguan Allspace dalam pameran GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli nanti. (Foto: YouTube)
Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id - Merek mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) akan memboyong salah satu SUV andalannya, Tiguan Allspace dalam pameran GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, pada 18-28 Juli nanti. Kabar ini, disampaikan PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek VW di Indonesia melalui undangannya yang disampaikan kepada iNews.id.

Seperti apa mobil ini? Model generasi pertama Tiguan Allspace 2007 menggunakan platform PQ46 dari Generasi B6 Volkswagen Passat. Kendaraan ini hadir pertama kali dengan kombinasi dua baris tempat duduk. Kini, varian terbaru VW Tiguan Allspace hadir dengan konfigurasi tiga baris tempat duduk.

Di bagian eksterior, Tiguan Allspace terbaru memiliki tampilan elegan dengan bentuk lampu depan ramping serta kompak, menggunakan LED daytime running lights, dynamic cornering lights dan integrated chrome strips. Daytime running lights LED pada lampu depan meningkatkan tampilan Tiguan Allspace menjadi lebih sporty.

Di sektor kaki-kaki, Tiguan Allspace memiliki desain velg yang menyatu dengan desain mobil secara keseluruhan, campuran dinamis-sporty-maskulin sehingga terlihat elegan.

Bagian interior didesain ergonomis dengan titik fokus menghadap ke arah pengemudi, sehingga pengendara dapat secara intuitif mengoperasikan berbagai fungsi pada Tiguan Allspace. Tampilan layar informasi multifungsi yang kompak juga didesain untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi sehingga memberikan sensasi berbeda.

Untuk sistem infotainment, Tiguan Allspace mempunyai layar informasi digital 12.3 inc dengan berbagai profil informasi. Di mana pengemudi dapat memilih kustomisasi profil yang disukai dan data spesifik yang ingin ditampilkan di kluster instrumen selain pengukur biasa, seperti speedometer dan odometer. Pengemudi juga dapat mengakses data mengemudi secara rinci atau menunjukkan tampilan visual dari sistem ini.

Mobil ini dilengkapi kursi 12-way electric driver seat dengan dukungan lumbal 4-arah, sehingga kursi dapat disesuaikan pada berbagai posisi dengan fungsi memori. Fitur ini memudahkan pengemudi menemukan posisi duduk ideal.

Untuk sistem keamanan, Tiguan Allspace memiliki empat kamera terpisah, yang memberikan pandangan 360 derajat di sekitar kendaraan. Di mana pengemudi dapat memilih hingga dua belas pandangan yang visible dari kendaraan.

Tiguan Allspace dilengkapi Electronic Stability Control (ESC) yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi saat berkendara. dengan menggunakan sensor untuk memantau pergerakan roda kendaraan dan saat kendaraan mulai tergelincir. Teknologi anti-skidding akan mengambil alih dengan menerapkan rem ke satu atau lebih roda, danm engurangi tenaga mesin.

ESC terhubung dengan sistem elektronik kendaraan, seperti anti-lock brakes (ABS) dan engine braking control (EBC), dengan sensor pada roda dan kemudi, ditambah sensor gerakan yaw.

Automatic Post Collision Braking System menghindari dapak benturan lebih parah. Di mana mobil secara otomatis memulai pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan, dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan selanjutnya.

Mobil ini juga dilengkapi teknologi canggih Park Assist, yang memungkinkan parkir semi-otomatis di depan, samping dan belakang. Tidak hanya membuat parkir paralel lebih mudah, tetapi juga membantu ketika parkir seri.

Menggunakan sensor ultrasonik, Park Assist akan mendeteksi tempat parkir yang cukup besar untuk parkir mundur atau paralel. Setelah kendaraan mundur, yang harus dilakukan pengemudi hanyalah mengoperasikan pedal gas dan rem, dengan tetap memonitor posisi kendaraan.

Untuk jantung pacu, Tiguan Allspace menggendong mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi dibanding rata-rata mesin lainnya. Walau kapasitas mesin hanya 1.4-liter, mobil ini mampu bekerja seperti mesin 2.0-liter. Tenaga yang dihasilkan 1.4 l 110kW (150 hp) TSI Engine dengan Turbocharger dengan output maksimal 110 kW pada 5.000-6.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.500-3.500 rpm.

Untuk transnimisi kopling ganda berdasarkan sistem parallel dari dua kopling. Sistem transmisi kopling ini memberikan keuntungan bagi pengemudi menjamin perpindahan gigi lebih mulus dan tanpa jeda.

Tiguan Allspace mampu berlari dengan kecepatan maksmimal 202 km per jam dan akselerasi dari 0-100 km per jam membutuhkan waktu 9,2 detik.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT