Melalui situs resmi KISKA Studio disebutkan bahwa kerja sama pembuatan X-Wedge itu bermula dari tawaran HISUN Motors. Perusahaan motor dari China itu ingin agar KISKA Studio membuat sebuah motor gede yang memang sangat berbeda dibanding yang sudah ada di pasar otomotif China.
"X-WEDGE adalah rangkaian sepeda motor jalanan berkapasitas besar terbaru bergaya Amerika. Dirancang dan dikembangkan oleh KISKA untuk HISUN Motors, ini adalah proyek yang ambisius dan unik. Nama ini diambil dari konfigurasi unik mesin X yang sudah dipatenkan," tulis situs resmi KISKA Studio.
Proyek X-Wedge dimulai dengan permintaan HISUN Motors yang ingin agar KISKA bisa mendesain beberapa motor yang teinspirasi dari kekuatan mesin V-Twin dan motor-motor gede khas Amerika Serikat. Hanya saja HISUN Motors tetap ingin desain X-Wedge bisa memiliki cita rasa internasional.
"Di situlah kami mengerahkan seluruh kekuatan KISKA untuk bekerja. Penelitian ekstensif menghasilkan wawasan yang diperoleh dari wawancara pelanggan menyeluruh dan pengujian pesaing secara mendetail," jelas KISKA.
Selain desain eskterior, HISUN Motors juga merasa perlu melibatkan penyuplai mesin V-Twin di Amerika yakni S&S Cycle. Diketahui S&S Cycle bukan nama yang asing buat penggemar Harley-Davidson.
Perusahaan Amerika Serikat itu merupakan penyedia mesin dan komponen after market buat Harley-Davidson. Jadi performa motor gede X-Wedge tidak perlu diragukan.
Ambil contoh X-Wedge Ranger RX2000 yang di atas kertas dilengkapi dengan mesin V-Twin dengan kapasitas silinder 2,0 liter. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 103 daya kuda dan torsi maksimal 158 Nm. Sama dengan tenaga yang dimiliki oleh Harley-Davidson Dyna Street Bob.