“Kami sadar bahwa konsumen Honda Rebel tidak hanya ingin tampil beda, namun juga kami berupaya untuk tetap menjaga kedekatan dan kehangatan dalam berinteraksi melalui layanan khusus Big Wing Honda,” kata Loman, dalam keterangan persnya.
Dua kata kunci saat pengembangan Honda Rebel yaitu sederhana dan mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara. Desainnya tak lekang waktu dan mempunyai ban lebar berpadu dengan siluet yang rendah dan ramping. Tangkinya diposisikan mendongak dengan kapasitas 11,2 liter serta setang kemudi lebar, sehingga pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor.
Honda Rebel menggendong mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R yang sporti. Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan perubahan settingan PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda dari yang berfokus pada performa rpm tinggi pada CBR menjadi output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 43,6Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW @ 8.500rpm.
Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu, bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.
Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm.