Jika lampu mati bukan hanya mengganggu vislibitas berkendara di malam hari atau kondisi jalan berkabut, tapi juga bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas. (Foto: YouTube)
Bertold Ananda

JAKARTA, iNews.id - Pengetahuan tentang cara mengganti lampu motor dibutuhkan saat kondisi darurat. Terlebih, lampu merupakan komponen yang wajib dipasang pada kendaraan dan harus berfungsi dengan baik. 

Jika lampu mati bukan hanya mengganggu vislibitas berkendara di malam hari atau kondisi jalan berkabut, tapi juga bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Selain berfungsi sebagai penerang, lampu juga sebgai rambu atau bahasa isyarat antar pengendara di jalan.  

Bila mati segera ganti dengan model lampu yang sama sebelumnya (halogen) atau dengan kualitas yang lebih bagus seperti LED. Bagaimana cara ganti lampu motor? Berikut ulasannya.

1. Siapkan peralatan dan kunci-kunci

Pertama yang perlu disiapkan alat membongkar dan memasang rumah lampu, seperti kunci-kunci dan perkakas lainnya. Alat yang dibutuhkan saat ingin mengganti lampu utama motor, yaitu obeng, kuas dan solatip.

3.  Posisikan motor pada standar tengah

Terdapat alasan mengapa posisi motor harus standar tengah saat dilakukan penggantian lampu. Ini untuk mempermudah saat pembongkaran. Apalagi posisi lampu utama motor umumnya dipadati banyak kabel dan soket sehingga ruang untuk tangan bergerak terbatas.

4. Bongkar reflektor  lampu

Anda dapat memulai membongkar reflektor lampu motor Anda dengan menggunakan obeng. Pastikan mur dapat terbongkar. Jika sudah terbongkar buka karet penutup lampu dan copot lampu yang mati sebelum menggantinya dengan yang baru. Ada baiknya Anda bersihkan casing bagian dalam  menggunakan kuas bersih. Itu dimaksudkan untuk menghilangkan debu dan kotoran.

5. Pasang soket sesuai dengan motor

Jika Anda ingin mengganti halogen dengan LED tidak boleh sembarangan. Ini karena setiap lampu LED mempunyai soket berbeda. Sebab itu, sebelum membeli sebaiknya cari tahu terlebih dahulu soket yang sesuai kendaraan. Untuk motor bebek biasanya menggunakan type H6. Sementara untuk motor sport  menggunakan type H4.

5. Fitting lampu dan penataan kabel

Selanjutnya hal paling krusial yakni mengatur posisi lampu. Pastikan jangan terbalik saat memasang. Pada lampu LED dalam pemasangan untuk motor bawaan standar halogen umumnya diberi sedikit coakan sebagai jalur kabel. Setelah itu lanjutkan proses peyambungan kabel dengan lampu LED yang akan dipasang.

Kabel warna hijau untuk arus negatif, kabel berwarna biru lampu jauh, dan kabel warna putih lampu dekat. Setelah rampung dalam fitting lampu dan perkabelan ada baiknya sebelum memasang kembali baut pada reflektor, kabel-kabel dirapikan diisolasi untuk mencegah terjadinya kabel konslet atau terbakar.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT