Mengenal Sejarah Piaggio Vespa, Laris ketika Baru Diperkenalkan

Fikri Kurniawan
Mengenal sejarah Vespa (Foto: Vespa)

Elemen tersebut akhirnya menjadi fitur desain Vespa yang paling dikenal karena alasannya yang sangat fungsional.

Pada tahun 1948 Piaggio meluncurkan Vespa baru. Antara tahun 1946 dan 1947, sebanyak 1183 unit Vespa 125cc dijual dan dipasarkan di luar negeri (terutama di Swiss).

Pada akhir tahun 1947 Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi Vespa 98cc, dan hanya menjual Vespa 125cc baik untuk pasar Italia maupun penjualan internasional.

Pada tahun 1949, Vespa pertama kalinya diciptakan dengan sasis balap, terbuat dari aluminium yang digunakan pada konstruksi pesawat, kemudian dirakit menggunakan paku rivet, dilengkapi dengan velg dan teknologi yang muktahir di tahun 40an.

Sebab, di akhir tahun 40an, produsen sepeda motor mulai beranggapan bahwa cara terbaik untuk mengiklankan kendaraan mereka adalah dengan berpartisipasi dalam arena balap.

Tujuannya yakni untuk meningkatkan potensi pelanggan baru dengan cara mengangkat industri sepeda motor ini ke ranah publik.

Untuk mempromosikan image sporty Vespa, Piaggio mengalihkan fokus para penonton dengan memecahan rekor baru. Pada tanggal 7 April 1950 di sirkuit Montlhery, Prancis, Vespa berhasil memenangkan rekor waktu dunia, dengan tiga pembalap yang bergantian dalam uji waktu 10 jam dengan kecepatan rata-rata 134 km/jam dengan jarak 100 km, jarak 500 km, dan jarak 1.000 km.

Selama 10 jam, Vespa mampu meng-cover jarak sepanjang 1.049 kilometer. Dengan motor yang mirip dengan Vespa 125 "sirkuit" dari tahun 1949.

Pada tahun 1956, sepuluh tahun setelah lahirnya model Vespa pertama, penjualan di pabrik Pontedera menembus angka 1 juta. Keberhasilan ini telah melampaui ekspektasi. Scooter legendaris tersebut ditawarkan dalam tiga versi, yakni 125cc, 150cc dan 150cc.

Sudah banyak model yang diciptakan Piaggio untuk Vespa. Bahkan, pada puncak keberhasilan Vespa, Piaggio memutuskan untuk memasuki dunia kendaraan roda empat.

Hal ini merupakan ambisi dari Corradino D'Ascanio untuk merancang Vespa 400, yakni mobil dengan mesin dua-tak di belakang. Vespa 400 ini diluncurkan pada tahun 1957 berhasil diproduksi sebanyak 30.000 unit oleh Piaggio.

Memasuki era modern, generasi terbaru Vespa tersedia dalam tiga versi, yakni: Vespa ET4 yang dilengkapi dengan mesin ramah lingkungan 4-tak 125cc, Vespa ET2 dengan mesin 2-tak yang modern dan handal, serta Vespa ET2 Injection yang didukung oleh FAST (Fully Atomized Stratified Turbulence).

Ini merupakan motor 2-tak pertama yang memiliki mesin injeksi langsung sehingga mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga -30% dan emisi hingga -70%.

Hingga saat ini beragam model telah ditawarkan dan dirancang oleh Vespa. Peminatnya pun masih banyak dalam berbagai usia.

Editor : Vien Dimyati
Artikel Terkait
Motor
1 bulan lalu

Pasar Otomotif Lesu, Piaggio Akui Penjualan Vespa Melemah

Motor
2 bulan lalu

Kapasitas Produksi 10.000 Unit, Apa Pabrik Piaggio Bakal Rakit Model Lain di Indonesia?

Motor
2 bulan lalu

Vespa LX 150 Meluncur, Bagaimana Nasib Versi 125?

Motor
2 bulan lalu

Vespa Officina 8 Debut di Indonesia Dibuat Terbatas, Intip Harganya

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal