JAKARTA, iNews.id - Banyak orang yang masih bingung dengan cara kerja transmisi manual pada sepeda motor. Sehingga terjadi banyak kesalahan dalam penggunaannya.
Padahal apabila kita mempelajarinya, tentu akan lebih mudah memindahkan transmisi manual pada motor.
Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara kerja transmisi manual pada sepeda motor :
Pada posisi netral, kedua shift fork akan berada pada alur posisi tengah. Sehingga shift fork tidak condong kekanan dan kekiri atau dengan kata lain tidak ada roda gigi yang berhubungan. Sehingga putaran mesin tidak mampu diteruskan ke roda.
Saat menginjak tuas gigi, maka tuas tersebut akan menggerakan selector arm dan overshift selector. Sehingga kedua lengan ini akan bergerak keatas. Pergerakan keatas pada lengan ini, akan mendorong selector pin. Akibatnya selector pin dan selector drum berputar.
Putaran selector drum akan memindahkan posisi alur, sehingga shift fork gigi 1&2 akan tergeser untuk berkaitan dengan roda gigi kecepatan satu.
Saat kita melepas injakan atau ketika tuas gigi kembali ke posisi semula, selector arm dan overshift arm juga akan kembali turun. Namun karena bagian luar dari arm ini landai, maka pergerakannya tidak sampai membuat selector drum kembali ke posisinya.
Dipangkal selector shift, juga terdapat return spring. Sehingga lengan ini bisa mengembang ketika kembali dari posisi atas ke posisi semulanya.