Tips Merawat Motor Matik, Ketahui Jarak Tempuh Ideal Komponen CVT

Muhamad Fadli Ramadan
Ada beberapa komponen motor matik yang memerlukan perawatan di bagian CVT. ( Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id- Motor matik menjadi salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia karena penggunaannya yang mudah. Tapi, pemilik kendaraan roda dua satu ini harus melakukan perawatan pada komponen CVT agar kinerjanya tetap optimal.

Sama seperti motor dengan transmisi manual, motor matic pun memiliki banyak komponen. Meski mungkin sulit untuk mengetahui semua komponen tersebut, namun ada beberapa komponen motor matic yang memerlukan perawatan seperti dibagikan Suzuki.

1. V-belt

V-belt yang merupakan komponen penting dalam sistem penggerak pada roda motor. Komponen ini tidak hanya ada di dalam motor matic, melainkan juga terdapat pada jenis motor dengan transmisi manual.

Pada kedua jenis transmisi tersebut, V-belt memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bagian penghubung di antara puller bagian belakang dan pulley di bagian depan. Komponen ini sangat penting untuk menggerakkan sepeda motor.

Tetapi, komponen pada motor matic ini memiliki masa pakai sehingga perlu dilakukan penggantian jika sudah rusak. Berdasarkan rekomendasi pabrikan, masa pakai atau kadaluarsa dari V-belt berada di kisaran 20 sampai 30 ribu kilometer.

Namun, masa pakai tersebut juga dapat dipengaruhi oleh cara pemakaian dari motor tersebut. Bisa jadi, penggantian perlu dilakukan lebih awal, sebelum motor mencapai jarak 20 ribu kilometer.

Dalam pemakaian motor yang normal, V-belt masih berada dalam kondisi cukup bagus hingga mencapai jarak 20 ribu kilometer. Jika pengendara memakai motor dengan kecepatan terlalu tinggi, maka masa penggunaan bisa lebih singkat.

Selain dilihat dari jarak tempuhnya, pemilik juga bisa mengetahui kondisi dan kualitas komponen V-belt ketika sedang mengendarai motor. Jika tarikan terasa berat, maka komponen ini mungkin saja sudah kendur dan perlu diganti.

Menunda perbaikan pada sebuah komponen motor, dapat memberikan risiko yang lebih parah untuk kondisi motor. Dampaknya, pengeluaran untuk perbaikan motor bisa jadi semakin banyak.

Editor : Ismet Humaedi
Artikel Terkait
Motor
6 bulan lalu

Tanda-Tanda Per CVT Motor Matic Bermasalah, Jangan Tunggu Transmisi Rusak Bisa Jebol

Motor
1 tahun lalu

Kapan Waktu Servis CVT Motor Matic? Jangan Abai Tenaga Bisa Lemot dan Boros

Motor
2 tahun lalu

Berkendara di Musim Hujan, Pemotor Wajib Tahu Ini

Motor
2 tahun lalu

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor, Tentukan Titik Istirahat

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal