“Caranya mudah. Pengendara bisa melihat saja mobil di depan, kalau tipenya sama bisa dilihat ujung knalpotnya. Kalau sudah tertutup air sebaiknya jangan dipaksakan. Nanti airnya bisa tersedot ke mesin,” kata Technical Support Astra2000 Agus Mustafa, beberapa waktu lalu.
Keberadaan air dalam knalpot bisa mengganggu kinerja mesin, tapi tak merusaknya secara langsung. Alih-alih masuk ke mesin air bakal tertampung pada bagian yang disebut catalytic converter yang fungsinya menyaring gas buang.
Air yang menumpuk pada catalytic converter akan menyulitkan mesin untuk dihidupkan. Namun, seiring dengan pemakaian, genangan air pada bagian tersebut akan berubah menjadi uap.
Apabila air yang masuk ke dalam knalpot cukup banyak, disarankan untuk melepas knalpot dan mengeringkan air di dalamnya. Meski knalpot merupakan jalur pembuangan kemungkinan air bisa masuk ke ruang mesin dan menyebabkan masalah lain.