Alasan Bus Model Sekarang Mesinnya Berada di Belakang, Banyak Dipakai AKAP

Muhamad Fadli Ramadan
Untuk trayek AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), bus bermesin belakang menjadi pilihan karena memberikan kenyamanan. (Foto: Juragan99)

Mercedes-Benz bisa dikatakan sebagai pelopor penyedia sasis bermesin belakang dengan mengeluarkan OH 1113. Di mana, “OH” adalah kode dari Mercedes-Benz yang merupakan singkatan dari Omnibusse Heckeinbau yang artinya sasis dengan mesin belakang.

Sasis Mercedes-Benz OH 1113 juga dikenal dengan sebutan Mercy Doyok, yang generasi awalnya menggunakan mesin diesel OM 352A. Mesin ini memiliki tenaga cukup besar sehingga AC bisa langsung terpasang.

Sekarang, produsen penyedia sasis bus lainnya seperti Hino juga sudah menyediakan mesin belakang. Bahkan, tingkat kenyamanannya juga semakin mendekati sasis-sasis dari Eropa, seperti Scania, Volvo, dan juga Mercedes-Benz.

Namun, sasis bermesin belakang juga memiliki kekurangan, yaitu harganya yang sangat mahal dibandingkan mesin depan. Bahkan, selisih harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Misal, untuk sasis premium Mercedes-Benz OH 1626 dibanderol dengan harga Rp1,025 miliar. Sementara untuk sasis premium lainnya dari Mercedes-Benz, yakni OF 1623 bermesin depan dijual Rp700 jutaan.

Editor : Ismet Humaedi
Artikel Terkait
Megapolitan
3 hari lalu

4.504 Penumpang Tinggalkan Jakarta Naik Bus dari Terminal Kampung Rambutan hingga H-3 Natal

Nasional
4 hari lalu

Menhub Panggil Semua Operator Bus usai Tragedi Kecelakaan Maut di Tol Krapyak!

Megapolitan
4 hari lalu

Pohon Beringin Tumbang di Kramat Jati Jaktim, Timpa Bus 

Mobil
13 hari lalu

Kronologi Lengkap Sopir Bus Rosalia Indah Ugal-ugalan hingga Akhirnya Dipecat!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal