JAKARTA, iNews.id - Marketing and Sales Astra Financial, Ariandana Wantho mengungkapkan, pembeli mobil pertama mendominasi pembelian mobil secara keseluruhan sebanyak 60 persen. Data tersebut menunjukkan proses motorisasi di kota-kota kecil dan daerah masih terus berlangsung.
”Pembeli mobil pertama yang mendominasi pasar otomotif nasional menunjukkan industri masih memiliki potensi tumbuh untuk digarap secara lebih luas. Mobil LCGC menjadi pilihan favorit bagi pembeli mobil pertama karena penggunaan bahan bakar yang irit, harga terjangkau, dan ramah lingkungan,” ujar Ariandana.
Ariandana menerangkan peran industri keuangan memainkan peranan penting dalam memberikan fasilitas kemudahan bagi pembeli mobil pertama. ”Sebanyak 70 persen pembelian mobil di Indonesia dilakukan secara kredit, ini mempertegas peran layanan keuangan khususnya pembiayaan sangat penting dalam mengakomodir aksesibilitas masyarakat terhadap kendaraaan bermotor,” ujar Ariandana.
Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono mengungkapkan untuk pembeli mobil pertama Daihatsu menjadi pangsa pasar nomor satu untuk segmen LCGC di Indonesia.
”Berdasarkan data pangsa pasar, Daihatsu menjadi nomor 1 untuk segmen LCGC, yaitu sebesar 41 persen, sejak diluncurkan pada 2026 Astra Daihatsu Sigra telah terjual lebih dari 425 ribu unit,” kata Tri.