2. Filter udara
Gejalanya juga sama dengan busi jika komponen ini kemasukan air motor akan tersendat. Disarankan ganti filter, karena hampir semua filter udara yang terdapat di sepeda motor zaman sekarang mengandung pelumas. Jika tidak diganti dikhawatirkan air akan terus menempel.
3. Oli mesin
Ciri-ciri oli sudah bercampur air, yakni adanya bintik putih seperti susu. Hal ini bisa dilihat dari dipstick. "Mesin sih masih tetap hidup, tapi kalau dibiarkan lama akan merusak komponen," katanya.
Dia menambahkan, khusus untuk motor matik, cek juga oli gardan yang berada di bawah shockbreaker. Jika selang tidak normal, kemungkinan bakal rawan kemasukan air yang pada akhirnya menimbulkan suara kasar di sekitar CVT.
"Cek oli gardan juga kemudian bersihkan ruang CVT. Keluarkan dulu air melalui lubang pembuangan. Kemudian cek komponen driven face yang menjepit fan belt, karena kalau kena air akan menimbulkan suara kasar," ujar Ole.