Sebagian pemilik kendaraan bingung mencari cara menghilangkan jamur kaca mobil yang membandel. (Foto: Ilustrasi)
Andaru Danurdana

JAKARTA, iNews.id – Sebagian pemilik kendaraan bingung mencari cara menghilangkan jamur kaca mobil. Terlebih, jamur alias water spot telah membandel sehingga sulit dihilangkan. 

Perubahan cuaca yang terjadi cepat menjadi salah satu alasan terbesar munculnya jamur di kaca mobil. Hujan yang muncul tiba-tiba kemudian terik matahari membuat sisa air yang tidak segera dilap menjadi jamur. 

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jamur pada kaca mobil? Berikut tipsnya 

1. Setelah hujan segera bersihkan mobil 

Langkah pertama sebagai pencegahan sebelum muncul jamur, ada baiknya kaca mobil langsung dibersihkan setelah terkena hujan. Selain gunakan kain kanebo, microfiber, atau kain halus agar tidak membuat permukaan kaca baret. Cek juga karet wiper apak masih berfungsi baik atau tidak. 

2. Gunakan pembersih khusus kaca mobil 

Seperti permukaan mobil lainnya, kaca juga punya produk perawatan khusus. Bagi yang enggan menghilangkan jamur kaca di salon, bisa cari beberapa produk pembersih glass scrub yang banyak dijual di pasaran.  

Setelah membersihkan kaca dengan glass scrub, jangan lupa berikan lapisan anti-air untuk mencegah tetesan hujan berdiam lama di permukaan kaca ketika hujan. 

3. Soda 

Selain sebagai minuman, air soda juga dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cukup bersihkan kaca mobil dengan kain, lalu basahi dengan soda yang sudah dicampur air, dan gosokkan dengan lembut ke bagian kaca yang berjamur. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan. 

4. Pasta gigi 

Tak hanya soda, produk rumahan lain yang bisa hilangkan jamur adalah pasta gigi. Kandungan pembersih, pada pasta gigi bisa merontokkan jamur. 

Caranya sederhana, oleskan pasta gigi di bagian kaca yang berjamur, tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan sikat atau kain lembut dan air. kemudian keringkan hingga sisa pasta dan air bersih. 

5. Pemutih pakaian 

Satu lagi produk rumahan yang bisa hilangkan jamur adalah pemutih pakaian. Mirip seperti penggunaan soda, pemutih yang dicampur air bisa diaplikasikan setelah kaca dibersihkan dengan kain. Setelah didiamkan, bilas dengan air dan keringkan dengan kain halus.
Itulah cara menghilang jamur kaca mobil. Bila dengan bahan alternatif tetap membandel Anda bisa datang ke salon mobil.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT