JAKARTA, iNews.id - Di tengah pencegahan penyebaran wabah virus corona (Covid-19), Toyota berusaha menjawab keterbatasan mobilitas konsumen melakui layanan virtual. Layanan tersebut mencakup informasi produk, teknologi, dan servis.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengemukakan, menyebarnya Covid-19 mendorong perusahaan memaksimalkan berbagai platform customer care yang dimiliki.
“kami ingin menyampaikan pesan dan mengajak rakyat Indonesia untuk mempunyai semangat yang kuat dalam memerangi wabah Covid-19. Toyota sebagai perusahaan mobilitas akan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi pelanggan dan juga kepada masyarakat. Kami mempunyai channel layanan pelanggan yang lengkap untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan di tengah kondisi saat ini,” ujar Henry dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/4/2020).
Dia mengungkapkan saluran komunikasi yang dapat diutilisasi pelanggan, antara lain chatbot Toyota yaitu layanan Toyota Interactive Virtual Assistant yang dihadirkan untuk dapat memberikan informasi terbaru dari Toyota kepada pelanggan. Melalui Chatbot Toyota para pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai produk, tips perawatan terbaik, program penjualan, dan berbagai hal lainnya. Layanan ini dapat diakses melalui Facebook Messanger, LINE, dan Whatsapp.
Selain itu, untuk layanan digital Toyota juga menyediakan aplikasi mTOYOTA yang merupakan aplikasi mobile yang memiliki tiga aspek keunggulan dengan mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement. Aplikasi ini dapat di download melalui Google Playstore dan Apple Appstore.
"Kedua platform Toyota tersebut untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan tren yang berkembang. Di mana digitalisasi menjadi perhatian berbagai kalangan, maka kami pun menghadirkan layanan berbasis digital," kata Henry.
Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan komunikasi melalui berbagai platform social, online channel dan call centre. “Total Ownership Experience merupakan semangat yang Toyota usung untuk menghadirkan kepuasan pelanggan yang menyeluruh dimulai dari proses pencarian informasi, pembelian hingga aftersales. Komitmen tersebut terefleksi dari produk maupun program yang dihadirkan Toyota,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.