Kalahkan Model MPV, Honda Brio Rebut Penjualan Tertinggi di Indonesia 

Dani M Dahwilani
Sepanjang 2020, Honda Brio mencetak penjualan sebanyak 43.021 unit mengalahkan dominasi mobil MPV. (Foto: Honda)

JAKARTA, iNews.id – Rekor baru dicetak Honda Brio. Mobil city car ini membukukan diri sebagai model dengan penjualan tertinggi di antara merek-merek di Indonesia pada 2020.  

Sepanjang 2020, Honda Brio mengumpulkan penjualan sebanyak 43.021 unit. Ini menjadi fenomenal karena selama ini segmen MPV yang merajai pasar nasional. 

Penjualan yang dicetak mobil ini, masing-masing Brio Satya 31.713 unit dan Brio RS 11.308 unit. Total Brio memberikan kontribusi 54 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang 2020 yang tercatat 79.451 unit. 

Hingga akhir 2020, Honda Brio Satya juga menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen. Sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 persen di segmen city car. 

Business Innovation and Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motors (HPM), Yusak Billy mengatakan, prestasi sebagai model terlaris di Indonesia merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio sejak diperkenalkan di Indonesia pada 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan 376.304 unit.  

"Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah diekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu," ujarnya, dalam media gathering virtual, Senin (18/1/2020). 

Yusak menjelaskan pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda. 

“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama," katanya.  

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
1 bulan lalu

Honda Cuan di Agustus 2025, Brio Paling Laris!

Mobil
2 bulan lalu

Honda Bukukan 1.908 SPK di GIIAS 2025, LCGC dan Hybrid Jadi Kontributor Terbesar

Mobil
4 bulan lalu

Honda Cetak Penjualan 4.740 Unit pada Mei 2025, Didongkrak Brio Naik 4 Persen

Mobil
10 bulan lalu

Viral Mobil Terbawa Banjir Masuk Pekarangan Rumah di Gang Sempit, Netizen Bingung Gimana Ngeluarinnya

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal