Seperti diketahui, penjualan ritel mobil nasional dari Januari hingga November 2020 tercatat mencapai 509.667 unit. Angka ini lebih rendah dari periode yang sama pada 2019 sebanyak 942.177 unit atau turun 46 persen.
Untuk wholesales hingga November 2020 sebanyak 474.964 unit. Di mana titik terendah penjualan mobil nasional terjadi pada Mei sebanyak 17.083 unit.
Secara grafik, penjualan mobil nasional pada tahun ini terus menunjukkan kenaikan. Pertumbuhan terbesar terlihat pada kuartal ketiga hingga kuartal keempat.
Lalu, merek mobil apa saja yang membukukan penjualan tertinggi di tengah pademi Covid-19?
Posisi pertama, masih kokoh diduduki Toyota dengan retail sales (dealer ke konsumen) sebanyak 160.354 unit dan market share 31,5 persen. Adapun wholesales (pabrik ke dealer) 143.432 unit dan market share 30,2 persen.
Posisi kedua, diisi Daihatsu dengan retail sales 90.823 unit dan market share 17,8 persen. Sementara whole sales dan market share 17,7 persen.
Posisi ketiga, ditempati Honda dengan penjualan retail sales 69.564 unit dan market share 13,6 persen. Adapun penjualan wholesales 65.868 unit dengan market share 13.9 persen.
Posisi keempat, direbut Mitsubishi dengan retail sales mencapai 63.884 unit dan market share 12,5 persen. Untuk wholesales 70.041 unit dengan market share 14,7 persen.
Adapun posisi kelima ada Suzuki dengan retail sales 63.939 unit dan market share 12,5 persen. Sementara wholesales 58.262 unit dengan market share 12,3 persen.
Adapun brand-brand lainnya mencatatkan penjualan 55.939 unit dengan market share 11 persen. Adapun wholesales sebanyak 53.118 unit dan market share 11,2 persen.