Di setiap negara tarif tol beraneka ragam, tergantung jarak, perawatan dan tingkat kesulitan dalam pembangunannya. (Foto: Antara)
Muhamad Fadli Ramadan

JAKARTA, iNews.id  – Jalur bebas hambatan atau jalan tol menjadi pilihan terbaik bagi pengendara mobil yang ingin mencapai tujuan lebih cepat. Selain mempermudah akses, jalan tol juga dibangun untuk memberikan pendapatan tambahan bagi negara.

Tarif tol di setiap negara beraneka ragam. Namun, pada prinsipnya penetapan tarif tol disesuaikan investasi yang telah dikeluarkan dan biaya perawatan.

Namun, setiap kenaikan tarif tol kerap menuai pro dan kontra. Terlebih bila sarana dan layanan pengelola tol kurang baik seperti jalan rusak dan kemacetan. 

Di setiap negara tarif tol beraneka ragam, tergantung jarak dan tingkat kesulitan dalam pembangunannya. Kira-kira negara mena yang mengenakan tarif tol termahal di dunia? Dirangkum dari berbagai sumber berikut deretannya.

1. Pennsylvania Turnpike, Amerika Serikat (AS)

Tol di Pennsylvania Turnpike, Amerika Serikat (AS) menjadi tarif termahal di dunia. Bagi yang ingin melewati jalan bebas hambatan tersebut pengendara harus membayar mulai dari 112,91 dolar AS atau sekitar Rp1,7 juta.

Pennsylvania Turnpike menjadi jalan tol dengan tarif termahal di dunia karena memiliki jarak yang sangat panjang, yaitu 579 kilometer. Jika dibandingkan dengan tol Trans Jawa yang memiliki jarak 1.192 km, masih jauh lebih mahal karena dari Merak hingga Probolinggo Timur hanya dikenakan tarif Rp879 ribu.

Meski tarifnya sudah sangat mahal, pengelola jalan Tol Pensylvania Turnpike berencana menaikkan kembali tarif tol. Untuk pengguna E-ZPass akan dikenkan kenaikan Rp24 ribu sampai Rp25 ribu, sedangkan untuk pelanggan Toll By Plate Rp57 ribu sampai Rp60 ribu.

2. Grosslockner High Alpine Road, Austria

Bukan hanya Amerika Serikat yang memiliki tarif tol termahal di dunia, Austria juga memasang harga tinggi bagi mereka yang ingin melewati Grosslockner High Alpine Road. Masuk dari Bruck di lembah Salzach melalui pintu tol utara di Ferleiten, tol ini dikenakan tarif 45,43 dolar AS atau Rp678.700. Jalan tol ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan ketinggian antara 2.400 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut.

3. A1 Motorway, Kroasia

Lalu tol termahal ketiga dimiliki oleh Kroasia dengan A1 Motorway yang memiliki tarif 38,42 dolar AS Rp573,8 ribu. Jalan tol yang memiliki panjang 476 kilometer itu menghubungkan Zagreb dengan Split.

Jalan tol A1 Motorway di Kroasia merupakan ruas utama Utara-Selatan yang juga menjadi bagian dua rute utama Erop: E65 Prague–Bratislava–Zagreb–Rijeka–Split–Dubrovnik dan E71 Budapest–Zagreb–Karlovac–Bihać–Knin–Split.

4. Confederation Bridge, Kanada

Jalan tol termahal di dunia berikutnya adalah Confederation Bridge yang masuk dalam bagian tol Trans-Kanada. Ini merupakan jembatan yang menghubungkan provinsi Kanada Timur Pulau Prince Edward dan New Brunswick.

Jembatan sejauh 12,9 kilometer ini merupakan terpanjang di dunia dan merupakan pencapaian terbaik Kanada pada abad ke-20. Berdasarkan Budget Direct, bagi yang ingin melewati Confederation Bridge harus membayar Rp564.000.

5. Grand Saint Bernard Tunnel, Swiss

Berdasarkan namanya, Grand Saint Bernard Tunnel merupakan sebuah terowongan yang termasuk bagian dalam jalan tol di Swiss. Terowongan ini menghubungkan Bourg-Sanit-Pierre di Valais, Swiss, dengan Saint-Rhémy-en-Bosses, Aosta Valley, Italia.

Ini adalah terowongan tol pertama yang dibuka melalui Pegunungan Alpen, yang pekerjaan konstruksi dimulai di sisi Italia pada musim semi 1958, dan diikuti di sisi Swiss. Jalan tol Ini diresmikan pada 19 Maret 1964, setelah enam tahun proses pembangunan.

Kerumitan dan tingkat perawatan yang tinggi membuat tarif tol cukup mahal, yakni 35,07 dolar AS (Rp524.000) untuk melewati terowongan sepanjang 5,79 kilometer tersebut.

6. M1/E 30, Belarusia

Jalan tol M1/E 30 yang ada di Belarusia merupakan jalur utama yang membelah negara tersebut dengan jarak mencapai 505 kilometer. Jalan tol ini juga mengubungkn Belarusi dengan perbatasan Rusia.

Jarak yang begitu panjang, tak heran jika M1/E 30 memiliki tarif tol yang cukup mahal, yaitu Rp441.000 untuk sekali jalan dari Brest hingga Orsa.

7. New York State Thruway, AS

New York State Thruway juga masuk dalam daftar jalan tol dengan tarif termahal di dunia, yakni mematok 20,05 doar AS atau sekitar Rp419.000. Jalan tol ini membentang 798 kilometer menghubungkan New York Citu di Yonkers dengan Pennsylvania di Ripley.

Jalan tol ini sebelumnya menggunakan kombinasi sistem tiket dan sistem tol pembatas, sampai pada akhirnya dilakukan transisi yang dimulai pada 2016 hingga 2018 menjadi sistem Open Road Tolling (ORT), di mana pembayaran tunai diganti dengan elektronik.

Sementara itu, tarif rata-rata jalan tol termahal di dunia dipegang Swiss dengan 26,52 dolar AS (Rp396.500). Sedangkan untuk tarif termurah dipegang Uni Emirat Arab dengan 1,09 dolar (Rp16.298).


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT