JAKARTA, iNews.id - Pasar mobil nasional mencatatkan kenaikan penjualan (retail sales) menjadi sebanyak 381.000 unit pada Januari hingga Mei 2022. Angka ini meningkat 18,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya 322.000 unit.
PT Astra International Daihatsu (ADM) melaporkan dari sisi penjualan brand mempertahankan posisi nomor dua dengan penjualan 73.000 unit, atau naik 34,7 persen dari Mei 2021.
Ini juga menjadikan market share naik sebesar 2,3 persen menjadi 19,3 persen dibandingkan Mei 2021 sebesar 17 persen. Capaon tersebut menjadikan persentase kenaikan Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan penjualan 5 bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso dalam keterangan persnya dilansir.
Secara volume kontribusi penjualan ritel Daihatsu masih didominasi tiga model. Ketiga mobil tersebut adalah Sigra 18.069 unit (24,5 persen), Gran Max PU (Pick Up) 16.954 unit (23 persen), dan Xenia 9.910 unit (13,4 persen).