JAKARTA, iNews.id - Penjualan ritel (retail sales) mobil di Indonesia pada semester pertama 2022 mencapai 465.000 unit. Angka ini naik 20 persen dibandingkan periode yang sama 2021 sebanyak 387.000 unit.
Daihatsu masih bertengger di posisi kedua dengan penjualan ritel hingga Juni 2022 sebanyak 90.765 unit atau naik sekitar 35 persen dibandingkan periode yang sama 2021. Kenaikan persentase Daihatsu tercatat lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
Daihatsu juga alami kenaikan market share menjadi 19,3 persen, naik sebesar 2,2 persen dibandingkan year to date (YTD) Juni 2021 sebesar 17,3 persen.
“Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti sebelum pandemi Covid-19,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam keterangan persnya Rabu (13/7/2022).
Penjualan ritel Daihatsu didominasi tiga model kendaraan, yakani Sigra sebanyak 22.282 unit (24,5 persen), Gran Max PU (Pick Up) 21.162 unit (23,3 persen) dan Xenia 11.779 unit (13,0 persen).
Model mobil lainnya, yaitu Terios mencatatkan penjualan 10.268 unit (11.3 persen), Ayla 10.054 unit (11,1 persen), Gran Max MB 7.832 unit (8,63 unit), Rocky 5,731 unit (6,3 persen). Kemudian Luxio dan Sirion membukukan penjualan ritel 1,657 unit (1,8 persen).