Persaingan perusahaan otobus (PO) di Indonesia semakin ketat seiring dengan kedatangan pendatang baru. (Foto: Instagram/Istimewa)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Persaingan perusahaan otobus (PO) di Indonesia semakin ketat. Ini seiring dengan banyaknya PO bus pendatang baru bermunculan dengan armada lebih gres dan super mewah. 

Beberapa di antaranya bahkan memiliki bus double decker, bus model sleeper rancangan perusahaan karoseri ternama, seperti Laksana, Adiputro, Tentrem. 

Kehadiran PO bus baru diakui atau tidak membuat perusahaan otobus lama ketar-ketir. Namun efek positifnya, ini memicu pelaku angkutan bus berlomba menghadirkan armada terbaik sehingga penumpang memiliki banyak pilihan. 

Lalu, PO bus pendatang baru mana saja yang telah menancapkan kukunya di Indonesia, berikut deretannya. 

1. Juragan 99

Juragan 99 merupakan PO bus yang berdiri pada 2018. PO bus yang bermarkas di Malang, Jawa Timur ini memiliki sejumlah bus mewah, mulai dari Scania, Big Bus Mercedes-Benz, hingga Jetbus 3+ Single Glass yang dijuluki Omah Sultan.

Armada bus Juragan 99 dilengkapi tipe kursi nyaman dan bisa disetel sesuai keinginan penumpang. Bus mereka juga menawarkan fasilitas TV, sandaran kaki, USB charger, toilet, smoking room, dan coffe maker.

Khusus untuk armada Omah Sultan, di bagian belakang terdapat pantry dengan dispenser, microwave, kulkas, wastafel, dan kamar mandi dengan toilet duduk. Bus juga menggunakan karpet yang empuk dari bagian depan kabin hingga ke belakang.

2. PO Borlindo

Selanjutnya ada perusahaan otobus Borlindo. Untuk diketahui, Borlindo merupakan PO bus yang terbilang masih muda. Didirikan pada 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. PO Borlindo salah satunya menawarkan armada bus double decker untuk penumpang.

Borlindo menggunakan bus double decker Tentrem Avante D2 yang sebelumnya juga digunakan oleh PO Harapan Jaya. Secara eksterior, Avante D2 memiliki ciri khas tampilan floating roof atau atap mengambang dengan desain elegan.

Avante D2 juga memiliki bentuk kaca depan yang agak lonjong, sehingga menawarkan visibilitas baik bagi penumpang atas. Keuntungan lain dari desain muka lonjong ini adalah ruang kaki penumpang atas bagian depan jadi lebih luas.

3. PO Khatulistiwa Trans

PO pendatang baru dengan armada bus mewah tidak hanya di Jawa, tapi juga wilayah lain. Salah satunya Khatulistiwa Trans yang berasal dari Pulau Sulawesi. 

PO bus yang berdiri pada 22 Desember 2016 ini memiliki banyak armada bus mewah. Salah satunya Sultan Class yang menawarkan layanan super mewah bak hotel berjalan.

Penumpang bukan hanya bisa full rebahan tapi juga memiliki sekat privasi yang semakin menambah kenyamanan. Desainnya pun sangat kekinian. Tiap seat yang dihadirkan mengusung konsep hotel kapsul yang sangat nyaman.

Di dalamnya terdapat fasilitas hiburan yang bakal menambah keseruan saat dalam perjalanan berupa layar LCD. Tidak hanya itu, ada juga tempat minum, bagasi kecil untuk menyimpan smartphone, dua USB port, dua lampu tidur, dan dua lubang AC.

Paling penting adalah jok sleeper yang bagian punggungnya bisa direbahkan hingga 150 derajat. Sehingga tidak perlu khawatir badan pegal-pegal di jalan karena posisinya sangatlah nyaman.

4. PO Pandawa 87

PO bus pendatang baru lainnya yang memiliki bus mewah adalah Pandawa 87. PO bus ini didirikan di Kota Pasuruan pada 17 April 2014 oleh H Gunawan Agung Aprilianto, putra asal Bugul Kidul, Pasuruan.

Pandawa 87 memiliki layanan bus sleeper buatan Adiputro, Dream Coach. Selain mengusung konsep hotel kapsul, bus sleeper milik Pandawa 87 juga punya interior mewah dan diklaim antivirus, berkat teknologi yang digunakan.

Fasilitas yang disediakan bus sleeper Pandawa 87 cukup lengkap. Mulai dari fitur hiburan, colokan listrik dan USB, toilet, minuman dan makanan ringan gratis, hingga fitur pemijat yang membuat kondisi tidur jadi lebih nyaman.

6. PO Primadona

Primadona merupakan perusahaan otobus asal Makassar, Sulawesi Selatan didirikan pada 2014 PO yang satu ini memiliki armada bus bernama Highlander Aerodeck yang kabinnya dirancang premium untuk kenyamanan para penumpang. 

Bus mewah Primadona memiliki fitur reclining seat pada setiap kursinya agar penumpang mendapat sudut yang pas untuk rebahan sesuai dengan yang diinginkan. Tak hanya itu ada juga fasilitas hiburan, seperti TV dan WiFi.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT