JAKARTA, iNews.id – Kinerja PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam penjualan sepeda motor menguat sepanjang 2018. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Suzuki membukukan kenaikan penjualan 24 persen dibandingkan 2017, sehingga menduduki daftar tiga besar di Indonesia.
Raihan wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Suzuki pada 2018 tercatat sebanyak 89.508 unit, lebih besar dari tahun sebelumnya 72.191 unit. Kenaikan tersebut tidak lepas dari hadirnya produk baru, seperti NEX II dan GSX 150 Bandit serta model-model andalan lain yang telah ada, yakni All New Satria F150 dan GSX-R150.
“Berkat antusiasme dan kepercayaan konsumen serta pecinta sepeda motor Suzuki, tahun 2018 menjadi momentum bagi kami untuk meluncurkan NEX II dan GSX 150 Bandit. Di tahun 2019, kami akan menjawab harapan dan masukan konsumen dengan menghadirkan delapan produk, program penjualan yang kompetitif, layanan purnajual, serta kegiatan menarik lain,” ujar 2W Sales and Marketing Department Head PT SIS, Yohan Yahya dalam acara Media Gathering di Kemayoran, Jakarta.
Kehadiran NEX II pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 memdorong standar baru sepeda motor skutik di Indonesia. Mengusung tagline “Keren Cara Baru”, penjualan NEX II berkontribusi 35 persen terhadap total penjualan sepeda motor Suzuki dengan jumlah 31.015 unit.
Eksistensi All New Satria F150 tetap terjaga. Model yang diperkenalkan sejak 2016 itu, penjualannya berkontribusi sebesar 31 persen atau sebanyak 27.298 unit. Di sisi lain, motor sporty GSX-R150, GSX-S150, dan GSX 150 Bandit mampu meraih penjualan 19.465 unit sepanjang 2018.