Untuk model lain yang baru di launching pada tahun lalu, Raize, penjualan retail tumbuh positif sebesar 97,84 persen dari 139 unit menjadi 275 unit pada periode Februari - Maret 2022.
Bukan hanya produk yang mendapat insentive PPnBM saja yang meningkat, tapi juga produk non PPnBM pun juga menunjukkan angka pertumbuhan yang positif. Kijang Innova dari 8.601 unit di Q1 tahun lalu menjadi 14.761 unit di tahun ini, meningkat 71,6 persen.
Selain itu, Avanza dan Veloz total menyumbang sebanyak 23.194 unit. Ini lebih tinggi dari pencapaian tahun sebelumnya di periode yang sama, mencatat angka 12.080, meningkat hampir dua kali lipat atau mencatatkan market share lebih dari 41 persen di segment Low MPV.
Penjualan Kendaraan Elektrifikasi
Hingga saat ini, terdapat 11 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, hingga BEV yang telah dipasarkan di Indonesia melalui Brand Toyota dan Lexus.
Di Q1 2022 TAM telah menghadirkan Corolla Altis Hybrid, di mana penjualan di Q1 2022 meningkat 45,8 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Bahkan, Camry Hybrid juga menyumbang hampir tiga kali lipat kenaikan penjualan. Pada Q1 2022 tembus di angka 119 unit naik 198 persen dibandingkan tahun lalu.
“Kami berharap, sejalan dengan kebijakan pemerintah mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan proses pemulihan ekonomi yang mampu mendorong daya beli mayarakat, pasar kendaraan elektrifikasi ke depan akan semakin besar dan Toyota siap memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan,” kata Henry.