Rayakan 33 Tahun, PO SAN Rilis 2 Bus Baru asal China Golden Dragon

Muhamad Fadli Ramadan
PO SAN menggunakan sasis asal China, Golden Dragon untuk bus edisi Anniversary 33 tahun dengan livery lawas. (Foto: Instagram @adiputro_official

Pada kaca samping terdapat tulisan, “Limited Luxurious with Vintage Edition”, yang menandakan bus ini bergaya klasik dan terbatas. Pada bodi samping di paling belakang juga terdapat tulisan “33rd Anniversary Edition”.
Meski bergaya klasik, tampilan depan bus sangat modern dengan model terbaru dari karosero Adiputro. Sementara di bagian belakang terlihat kap mesin yang tak memiliki kisi-kisi udara, hal itu ditujukan agar ruang mesin tidak kotor ketika berkendara saat hujan.

Kesan modern juga sangat terasa pada bagian kaki-kaki, di mana velgnya menggunakan Alcoa berbahan aluminium. Bahan tersebut dianggap lebih kuat dibandingkan velg besi yang bisa pecah dengan mudah saat menghantam lubang.

Masuk ke bagian dalam, kesan modern dan elegan juga sangat terasa, berbeda dengan desain eksterior bus baru PO SAN. Bus ini memadukan warna beige, abu-abu, silver, dan aksen kayu pada dashboard yang membuatnya terlihat mewah.

Sementara kursi penumpang digarap oleh Alldila Seats dengan desain yang minimalis lengkap dengan leg rest menggunakan perpaduan warna coklat dan hitam. Penggunaan desain tersebut ada tujuannya seperti diungkapkan sang pemilik, Kurnia Lesani Adnan.

“Kita pakai desain kursi yang minimalis dan tidak terlalu lebar untuk membuat bus terasa lebih luas. Kita ini kan trayeknya jarak jauh, jadi kita juga harus mainkan psikologis penumpang, biar merasa nyaman sepanjang perjalanan,” kata Sani saat ditemui iNews.id beberapa waktu lalu.

Untuk menambah kesan klasik, bus baru PO SAN dibangun di atas sasis asal China, Golden Dragon. Ini merupakan sasis yang banyak digunakan bus PO SAN di masa lalu sebelum mempercayakannya pada sasis-sasis dari Eropa.

Sasis Golden Dragon sendiri dikenal sangat nyaman, bahkan digadang-gadang menyerupai Scania. Tenaga yang dihasilkan mesinnya juga sangat besar, yakni 230 PS dan torsi puncak 1.200 Nm, yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan manual.

Editor : Ismet Humaedi
Artikel Terkait
Megapolitan
2 hari lalu

4.504 Penumpang Tinggalkan Jakarta Naik Bus dari Terminal Kampung Rambutan hingga H-3 Natal

Nasional
3 hari lalu

Menhub Panggil Semua Operator Bus usai Tragedi Kecelakaan Maut di Tol Krapyak!

Megapolitan
3 hari lalu

Pohon Beringin Tumbang di Kramat Jati Jaktim, Timpa Bus 

Mobil
12 hari lalu

Kronologi Lengkap Sopir Bus Rosalia Indah Ugal-ugalan hingga Akhirnya Dipecat!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal