JAKARTA, iNews.id – Toyota memperluas jaringannya dengan membuka dua outlet baru di wilayah Tangerang dan Bekasi. Kini, Toyota mempunyai 324 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Kedua outlet ini, adalah Tunas Toyota Balaraja, Tangerang dan Tunas Toyota Bekasi. Kehadiran dua dealer tersebut bertujuan memberikan pelayanan prima dan semakin mendekatkan diri dengan pelanggan di wilayah tersebut.
“Kehadiran outlet ini diharapkan tidak hanya meningkatkan akses layanan Toyota kepada pelanggan, namun dapat memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara regional,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangan tertulisnya kepada iNews.id, Kamis (30/8/2018).
Tangerang dan Bekasi merupakan daerah kawasan industri yang memberi kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Pada kuartal II misalnya, Tangerang bersama dengan daerah lain di Provinsi Banten mencatat pertumbuhan ekonomi 5,59 persen atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional.
Pembangunan sejumlah infrastruktur di Tangerang seperti simpang susun Cikupa akan menciptakan aksesibilitas dan konektivitas yang lebih baik antar Jakarta, Tangerang, dan Merak. Hal ini diharapkan menghadirkan titik-titik pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan tersebut.
Kendati pasar otomotif tahun ini semakin kompetitif, pasar otomotif di kedua kawasan tersebut diperkirakan akan mengalami pertumbuhan. Hingga Juli 2018, angka penjualan kendaraan roda empat di Tangerang total mencapai 11.248 unit, di mana sebagian besar Toyota membukukan penjualan 3.653 unit, dengan market share 32,5 persen.
Sementara itu, untuk wilayah Kodya Bekasi total penjualan kendaraan bermotor hingga Juni 2018 sudah mencapai hampir 14.842 unit. Toyota membukukan total penjualan 4.413 unit dengan market share 29,7 persen.
Henry menuturkan, layanan aftersales (purna jual) merupakan salah satu andalan Toyota untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. “Untuk mencapai target sebagai brand yang mengedepankan total best ownership experience, keberadaan outlet yang luas dan dilengkapi berbagai fasilitas menjadi salah satu strategi Toyota,” ujar Henry.