Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan diperkirakan akan lebih bersinar pada 2022.. (Foto: AFF)
Arief Wahyu Pradana

JAKARTA, iNews.id – Sejumlah atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga telah tampil baik pada 2021. Beberapa nama diprediksi akan semakin bersinar pada 2022.

Berbagai kejuaraan olahraga diikuti sejumlah atlet Indonesia pada 2021 meski masih dalam suasana pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya berhasil naik ke podium tertinggi sebagai yang terbaik.

Sebut saja Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra satu ini menjadi bagian penting tim bulu tangkis Indonesia saat menyabet trofi Piala Thomas 2020. Diharapkan keduanya bisa lebih bersinar pada 2022.

Selain Fajar/Rian, ada sejumlah atlet cabang olahraga lain yang diprediksi akan bersinar. Siapa saja? Dirangkum iNews.id pada Jumat (31/12/2021), simak uraiannya.

Berikut prediksi 5 atlet yang akan bersinar tahun 2022:

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian melawan wakil Denmark, Mathias Christiansen/Frederik Sogaard dalam semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Sabtu (16/10/2021). (Foto: Twitter/@INABadminton)

Pebulu tangkis ganda putra bulu ini dipercaya akan tampil lebih gila pada 2022. Sebab, keduanya sudah tampak klop pada 2021.

Terlebih, beberapa ajang dunia telah diikuti Fajar/Rian meski belum membawa kemenangan. Namun, torehannya di Piala Thomas 2020 menjadi modal keduanya dikenal kancah internasional.

Fajar/Rian diperkirakan akan berusaha mengejar dua ganda putra terbaik saat ini, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Tentunya ini menjadi pertanda baik Indonesia memiliki ganda putra yang bisa diandalkan di pentas internasional.

2. Rahmat Erwin Abdullah

Lifter Rahmat Erwin Abdullah jadi sorotan. Dia meraih medali perunggu di cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

Nama Rahmat Erwin Abdullah mencuat ke publik ketika secara mengejutkan berhasil membawa harum nama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, lifter asal Makassar ini sukses menyabet medali perunggu di kelas 73kg.

Hal tersebut pastinya menjadi modal utama atlet usia 21 tahun tersebut untuk lebih bersinar. Terlebih usianya yang masih sangat muda dapat memantaskan diri di kejuaraan angkat besi pada 2022.

Indonesia patut bangga memiliki Rahmat Erwin Abdullah. Sebab remaja ini memilih cabang olahraga yang jarang dilirik, tetapi dapat menggemparkan jagat olahraga angkat besi di skala internasional.

3. Pratama Arhan

Pratama Arhan menjadi pemain terbaik laga Timnas Indonesia vs Malaysia dalam laga terakhir Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021). (Foto: Twitter/@PSSI)

Dalam kejuaraan Piala AFF 2020, bek kiri Timnas Indonesia ini kerap menjadi sorotan. Pratama Arhan dapat menusuk jantung pertahanan lawan dengan lemparan ke dalamnya yang kerap membuahkan peluang gol bagi Indonesia.

Arhan komplet. Dia punya kemampuan menyerang dan bertahan yang sama baiknya.

Buktinya saat Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1, Arhan memperlihatkan kontribusinya bagi tim dua kali. Overlapping-nya sanggup membuat bek Harimau Malaya pontang-panting sehingga gol Irfan Jaya tercipta pada babak pertama. Lalu, sepakan roketnya berbuah gol pada babak kedua. Pemuda 20 tahun itu pun diganjar pemain terbaik pertandingan.

Performa pemain PSIS Semarang ini pun mendapat lirikan klub luar negeri. Kabarnya Arhan dalam radar klub Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Belum jelas klub Jepang mana yang melirik Arhan. Namun jika membicarakan negara satunya, digosipkan Seongnam FC merupakan klub Korsel yang tertarik mendapatkan jasa Arhan.

Jika benar akan berkarier di luar negeri, Arhan diprediksi akan lebih bersinar pada 2022. Namun jika tidak, dia akan tetap berkembang di bawah tangan dingin pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

4. Windy Cantika Aisyah

Windy Cantika Aisah memberikan medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Lifter berusia 19 tahun ini meraih medali perunggu di nomor 49kg putri. (foto: REUTERS)

Mirip seperti Rahmat Erwin Abdullah, nama Windy Cantika Aisyah mencuat pada awal tahun 2021. Dia meraih medali emas pada Kejuaraan Angkat Besi Remaja dan Junior Asia 2020 di Tashkent, Uzbekistan.

Mojang Bandung berusia 19 tahun itu pun disertakan dalam kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Pada gelaran akbar ini, Windy sanggup meraih medali perunggu.

Windy Cantika Aisyah digadang-gadang bakal menggantikan sosok peraih perak Olimpiade Rio 2016, Sri Wahyuni Agustiani. Mengingat usianya masih muda, dia dinilai akan tampil di sejumlah kejuaraan angkat besi pada 2022.

5. Lalu Muhammad Zohri

Infografis

Nama Zohri sudah mencuat sejak 2018. Dia meraih emas pada ajang Asian Junior Championships dan Kejuaraan Dunia U-20.

Zohri kemudian menjadi andalan cabang olahraga atletik pada Olimpiade Tokyo 2020. Sayangnya dia terhenti di babak penyisihan.

Namun kecepatannya di lintasan lari 100 meter berhasil mengharumkan nama Nusa Tenggara Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Dia meraih 2 medali emas pada ajang yang digelar pada Oktober 2021 itu.

Zohri pun diyakini akan tetap menjadi sprinter andalan Indonesia di pentas internasional pada 2022. Tentu diharapkan dia bisa memberikan yang terbaik untuk mengharumkan cabor atletik tanah air.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT