Ganda India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty salah satu andalan India di Piala Thomas 2022. (Foto: Reuters)
Ibnu Hariyanto

BANGKOK, iNews - Tim bulu tangkis putra India secara mengejutkan melangkah ke final Piala Thomas 2021. Capaian itu merupakan sejarah bagi dunia bulu tangkis India.

India melaju final usai mengalahkan Denmark 3-2 di semifinal. Laga yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (13/5/2022) berlangsung seru.

Langkah penentuan ke final ditentukan hingga partai kelima. India secara heroik bisa merebut tiga angka dari Denmark

India menang 3-2 atas Denmark dalam laga tersebut. Poin penentuan pemenang disumbangkan oleh Prannoy Haseena Sunil Kumar yang tampil di partai kelima. Dia menang melawan Rasmus Gemke dengan skor akhir 13-21, 9-21, dan 12-21.

Lolos ke Piala Thomas 2022 merupakan sejarah baru bagi dunia bulu tangkis India. Prestasi terbaik India di Piala Thomas terjadi pada 1979. Mereka finis sebagai semifinalis pada saat itu.

Berikut 5 fakta tim bulu tangkis India ukir sejarah di Piala Thomas 2022:

1. Diperkuat Finalis All England 2022

Pebulu tangkis India, Lakshya Sen. (Foto: Instagram/@senlakshya)

India di Piala Thomas 2022 ini memiliki kekuatan cukup hebat di nomor tunggal putra. India memiliki 3 tunggal yang berada di ranking 25 besar dunia.

Salah satu tunggal putra berbahaya India ialah Lakshya Sen. Pemain nomor 9 dunia ini menjadi andalan pertama India di nomor tunggal.

Dia merupakan finalis All England 2022. Lakshya bisa jadi bantu sandungan Anthony Ginting jika tak waspada di final.

2. Melibas Malaysia dan Denmark

Langkah India melaju ke Piala Thomas 2022 sangat fantastis. India menjadi runner up di grup C di bawah Taiwan.

Perjalanan heroik India dimulai di perempat final. India secara mengejutkan melibas Malaysia 3-2. Lee Zii Jia cs dipaksa gigit jari oleh kegigihan tim India.

Tak berhenti di situ, India kembali membuat kejutan. Kini giliran Denmark menjadi korban.

India menang 3-2 atas Denmark di semifinal. Selanjutkan India akan melawan Indonesia di partai final pada Minggu (15/5/2022).

3. Final Pertama dalam Sejarah

India melaju ke final Piala Thomas 2022 dengan fantastis. Ini merupakan sejarah bagi bulu tangkis India.

Prestasi terbaik India di Piala Thomas ialah mencapai semifinal di tahun 1979. Final di tahun ini merupakan pertama kali dalam sejarah bulu tangkis India.

4. Generasi Emas Bulu Tangkis India

Pebulutangkis India Kidambi Srikanth. (Foto: The Bridge)

Prestasi membanggakan tim bulu tangkis putra India di Piala Thomas 2022 buah dari kerja keras. India kini bisa dibilang memiliki generasi emas di dunia bulu tangkis.

India saat ini memiliki tiga tunggal putra yang kekuatannya hampir seimbang. Pertama, ada Lakshya Sen. 

Pemain peringkat 9 dunia ini menunjukkan performa yang apik di tahun 2022. Prestasi terbaiknya menembus final All England 2022.

Lalu ada Kidambi Srikanth dan Prannoy H.S. Kidambi kini berada di peringkat 11 dan Prannoy di peringkat 23 dunia. 

Kedua pemain ini selalu menjadi penyumbang poin bagi India di Piala Thomas 2022. Mereka belum pernah kalah di ajang bergengsi tersebut.

Terakhir, India punya satu ganda putra muda yang bisa jadi ancaman setiap lawan yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Setty. Duo India ini kini menempati peringkat 8 dunia. Selain itu, penampilan energiknya kerap menyulitkan lawan.

5. Bertemu Indonesia di Final

India akan menatap final pertamanya di Piala Thomas dengan menantang raksasa bulu tangkis dunia, Indonesia. Laga final ini akan berlangsung pada Minggu (15/5/2022).

Indonesia di atas kertas lebih diunggulkan dari India. Namun, semua masih bisa terjadi. Untuk itu, Indonesia wajib waspada dan fokus jika tak ingin kehilangan gelar Piala Thomas 2022.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT