Beberapa pemain top memutuskan kembali setelah mengumumkan pensiun (Foto: ist)
Fitradian Dhimas Kurniawan

JAKARTA, iNews.id - Berbagai alasan mengiringi keputusan pensiun sejumlah pesepak bola. Namun tak sedikit yang akhirnya batal pensiun dan kembali ke lapangan hijau.

Baru-baru ini hal tersebut dilakukan oleh Arjen Robben. Setelah mengucapkan pensiun pada musim panas 2019 lalu, Robben memutuskan comeback dengan memperkuat FC Groningen di 2020/2021.

Sebelum Robben ada beberapa pemain bintang yang pernah kembali dari pensiunnya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya dikutip dari The Sun, Selasa (14/7/2020):

1. Paul Scholes


Karier Paul Scholes benar-benar dihabiskan untuk satu klub yakni Manchester United (MU). Jalani debut profesional pada 1993, Scholes setia memperkuat The Red Devils hingga pensiun di musim panas 2011.

Tapi dia masih memiliki hasrat untuk kembali ke lapangan hijau. Setelah berhenti main sepak bola selama delapan bulan, Scholes akhirnya kembali memperkuat MU pada Januari 2012.

Sayang, Scholes tak lagi sekuat dulu. Dia hanya bermain setengah musim sebelum akhirnya pensiun lagi pada Juni 2012.

2. Johan Cruyff


Dalam sejarah sepak bola, Johan Cruyff dikenal sebagai salah satu sosok terpandang. Kariernya bersinar saat memperkuat Ajax Amsterdam dan Barcelona.

Setelah itu Cruyff memilih pindah ke Amerika Serikat. Dia bermain membela Los Angeles Aztec. Namun kariernya tidak bertahan lama. Cruyff mengumumkan pensiun pada 1979.

Tapi di tahun yang sama, Cruyff kembali lagi ke lapangan untuk memperkuat Washington Diplomats. Selanjutnya dia pindah ke Levante, Ajax, dan akhirnya pensiun di Feyenoord.

3. Jens Lehmann


Kiper asal Jerman ini memulai karier di Schalke 04 pada 1988. Tapi namanya sangat erat dengan Arsenal yang dibelanya dari 2003 hingga 2008.

Setelah itu, Lehman meninggalkan The Gunners untuk pulang ke negaranya. Dia bermain di VfB Stutgart hingga memutuskan pensiun pada musim panas 2011.

Namun setahun berselang, Lehmann kembali ke Arsenal. Dia bersedia membantu mantan klubnya yang ketika itu sedang krisis penjaga gawang. Lehmann hanya bermain sekali sebelum memutuskan pensiun lagi.

4. Carlos Roa


Alasan Carlos Roa meninggalkan sepak bola dinilai kontroversial. Mantan kiper Timnas Argentina itu memutuskan gantung sepatu karena dia yakin dunia kiamat pada tahun 2000.

Roa kabarnya sempat menghilang tanpa jejak. Setelah pemikirannya tidak terbukti, dia kembali bermain untuk Real Mallorca.

5. Landon Donovan


Salah satu pesepak bola terbaik yang dimiliki Amerika Serikat ini pernah gantung sepatu pada musim panas 2016. Ketika itu Landon Donovan menutup karier di LA Galaxy.

Tapi dua tahun kemudian, Donovan balik lagi ke lapangan. Dia menerima pinangan Leon yang bermain di Liga Meksiko.


Editor : Bagusthira Evan Pratama

BERITA TERKAIT