Indonesia kembali menambah perolehan medali emas SEA Games 2021 hari ini. Medali emas itu diraih dari cabang olahraga catur dan wushu. (Foto: Vnexpress.net)
Andhika Khoirul Huda, Cikal Bintang Raissatria

QUANG NINH, iNews.id- Indonesia kembali menambah perolehan medali emas SEA Games 2021 hari ini. Medali emas itu diraih dari cabang olahraga catur dan wushu.

Medali emas dari catur diraih oleh WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra pada Minggu (15/5/2022) pagi WIB. Citra meraih emas pertama dari dari cabor catur untuk Indonesia di nomor catur klasik putri. Dia mendapatkan tujuh poin dari sembilan babak yang telah dilakoninya.

Pada partai final babak kesembilan yang berlangsung hari ini di Quang Ninh Exhibition Center, Citra bermain remis dengan pecatur Filipina, WGM Frayna Janelle Mae. Hasil tersebut pun cukup untuk mengantarkannya membawa pulang medali emas.

Menariknya lagi, medali emas tersebut diraih Citra pada hari ulang tahunnya yang ke-28 yang jatuh pada hari ini. Tentu saja, itu akan menjadi salah satu kado terbaik baginya.

Dengan hasil tersebut, Citra akan menjadi WGM ketiga dari Indonesia. Sebelumnya, Tim Merah Putih telah memiliki Irene Sukandar dan Media Warda Aulia sebagai pecatur yang menyandang gelar tersebut.

Setelah Citra, Indonesia berpeluang menyabet medali perak dalam nomor yang sama dari Irene. Saat ini, Irene sedang bertanding dengan WIM Azhar Puteri Munajjah Az-Zajraa asal Malaysia.

Lalu emas selanjutnya datang dari Wushu. Medali emas disumbangkan oleh Seraf Naro Siregar yang turun di nomor Taolu Daoshu + Gun Shu. 

Aksi memukau nan indah ditunjukkan yang melakukan gerakan dengan sebuah toya. Performanya pun dinilai apik oleh juri dengan skor 9,71.

Tampil di Cau Giay Gymnasium, Vietnam pada Minggu (15/5/2022), posisi Naro di urutan teratas pun tak tergoyahkan hingga semua peserta selesai melakukan aksinya. Alhasil, berhak mendapatkan medali emas di nomor Taolu Daoshu + Gun Shu (9,71 + 9,71).

Di sisi lain, Edgar Xavier Marvelo yang tampil apik di nomor Taolu Daoshu (9,71) justru tidak maksimal saat jurus Gun Shu. Pasalnya, ia hanya mendapatkan nilai 9,44 karena sempat terjatuh dalam penampilannya.

Sementara itu, sebelum mendapatkan medali emas, wushu Indonesia sudah mendapatkan dua medali perak. Medali perak itu disumbangkan oleh Harris Horatius (Taolu Nanquan putra) dan Nicholas (Taolu Taijijian putra).

Hasil yang cukup memuaskan juga didapat Nandhira Mauriskha yang berhasil mendulang medali perak di Taolu Changquan. Sementara, Harris Horatius yang juga tampil di nomor Taolu Nan Gun berhasil mendapatkan medali perunggu.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT