Jonatan Christie sukses menuju 16 besar Japan Open 2022. Jojo menaklukkan wakil Belanda, Mark Caljouw, lewat rubber game. (Foto: Twitter/@INABadminton)
Fitradian Dhimas Kurniawan

OSAKA, iNews.id- Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, sukses menuju 16 besar Japan Open 2022. Pemain yang kerap dipanggil Jojo itu menaklukkan wakil Belanda, Mark Caljouw, lewat rubber game, 21-13, 22-24 dan 21-10.

Bermain di Maruzen Intec Arena, Osaka, Rabu (31/8/2022), Jojo dapat memulai game pertama dengan sangat baik. Dia pun dapat membukanya dengan keunggulan 4-0.

Caljouw bukannya tanpa perlawanan. Dia berusaha untuk mengejar ketertinggalannya. Namun, Jojo mampu menjaga pertahanan dengan baik, dan unggul pada interval pertama, 11-8.

Menyadari kejaran Caljouw, Jojo langsung mempercepat langkah kakinya. Keadaan tersebut membuat Jojo sanggup memperbesar keunggulannya menjadi 16-11.

Jojo kemudian menjaga konsistensi dalam permainannya. Dia tak membiarkan lawannya mengejar. Sehingga Jojo sukses merebut game pertama dengan kedudukan 21-13.

Memasuki game kedua, Jojo sekali lagi menunjukkan permainan yang bagus. Dia dapat memaksa Cajouw membuat kesalahan, sehingga memimpin pada awal fase, dengan skor 4-0.

Hanya saja, Jojo kemudian sempat kehilangan fokus. Dia membuat sejumlah kesalahan, sehingga Caljouw mengejar dalam waktu singkat dan kedudukan menjadi imbang, 7-7.

Jojo dan Caljouw kemudian bersaing dengan sangat ketat. Keduanya terus saling susul perolehan angkanya. Hanya saja, Jojo membuat kesalahan, sehingga tertinggal pada interval kedua, dengan skor 10-11.

Usai beradu angka, Jojo sempat menyamakan kembali kedudukan menjadi 12-12. Dia bahkan dapat kembali memimpin dengan skor 15-12. Sayang, dia membuat kesalahan, sehingga laga mencapai deuce, 20-20.

Persaingan yang ketat kembali ditampilkan kedua pemain. Setelah beradu kemampuan, Caljouw memaksa Jojo membuat kesalahan, dan merebut game kedua, 24-22.

Hasil itu tampaknya langsung memacu semangat Jojo di game ketiga. Dia tak membuang banyak waktu untuk memimpin dengan jarak yang cukup jauh, menjadi 4-0.

Caljouw kemudian mencoba untuk mengejar, dan memangkas ketertinggalan, 6-7. Namun, Jojo dapat menjaga keunggulannya pada interval ketiga, dengan angka 11-6.

Setelah itu, Jojo bagai tak memberikan lawannya celah. Dia terus melaju dan memimpin dengan skor 17-6. Dia sempat goyah, namun akhirnya Jojo menang dalam tempo 59 menit dengan skor 21-10.

Pada gim lain, Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas juga harus main rubber game untuk memastikan langkah ke 16 besar Japan Open 2022. Mereka menaklukkan duet Jerman, Jones Rafly Jansen/Linda Efler dengan skor 21-9, 19-21 dan 21-17.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT