Ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juara Kejuaraan Dunia 2022.. (Foto: Ist)
Andika Rachmansyah

TOKYO, iNews.id – Ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juara Kejuaraan Dunia 2022. Mereka mengalahkan duo Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee  Yong 22-20, 21-14 pada laga final di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Minggu (28/8/2022) sore WIB.

Ini merupakan kali kedua beruntun Chen/Jia berhasil juara. Prestasi yang sama mereka ukir pada Kejuaraan Dunia 2021 di Spanyol setelah mengalahkan Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Jalannya Pertandingan

Baik Chen/Jia dan Kim/Kong, keduanya bermain sangat sengit sejak awal pertandingan. Bahkan rally panjang sebanyak 85 pukul sempat tersaji sebelum interval gim pertama. Adapun Chen/Jia yang sukses memenangi rally tersebut dan merubah skor menjadi unggul 7-6. Setelah itu, pertandingan kembali berjalan sengit.

Kim/Kong sempat menyamakan kedudukan menjadi 10-10. Akan tetapi, Chen/Jia berhasil unggul sementara di interval dengan skor 11-10. Selepas interval, kedua pasangan masih memainkan tempo yang sama. Kejar-kejaran poin juga terus tercipta.

Pasangan China yang mampu mencapai game point lebih dulu justru mampu disamakan oleh pasangan Korea Selatan. Namun pada akhirnya, Chen/Jia menutup gim pertama dengan kemenangan 22-20 dalam durasi 31 menit.

Pada gim kedua, tempo permainan kedua pasangan belum berubah yang mana mereka masih bermain agresif. Namun, Chen/Jia perlahan mampu keluar dari tekanan hingga akhirnya unggul di interval kedua atas Kim/Kong dengan skor 11-7.

Selepas interval, pasangan ranking satu dunia itu semakin mendominasi pertandingan dengan keunggulan cukup jauh 17-12. Chen/Jia benar-benar tidak memberi ruang kepada Kim/Kong untuk melakukan serangan.

Kim/Kong masih sangat kesulitan untuk meredam serangan yang dilancarkan pasangan China. Hasilnya, mereka pun harus mengakui ketangguhan Chen/Jia setelah kalah di gim kedua dengan skor 14-21.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT