Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie ke perempat final Kejuaraan Dunia 2022
Andhika Khoirul Huda

TOKYO, iNews.id - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menang 24-22 dan 21-16 atas wakil Taiwan Wang Tzu Wei pada babak 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022, Kamis (25/8/2022) siang WIB. Hasil positif itu membuatnya berhak ke perempat final.

Di fase tersebut Jonatan akan kembali jumpa wakil Taiwan lainnya. Sosok yang dimaksud adalah Chou Tien Chen.

Jalannya Pertandingan

Berlaga di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jojo lansung mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan. Serangan-serangannya pun sangat akurat dan sukses menembus pertahanan lawan sehingga membuatnya unggul 7-3.

Akan tetapi, setelah itu Tzu Wei memberikan perlawanan sengit pada pemain ranking tujuh dunia itu. Untungya, Jojo masih bisa menjaga keunggulannya pada interval gim pertama dengan skor 11-9.

Usai rehat, pertandingan berjalan sangat ketat. Meski juara Swiss Open 2022 itu sempat menjauh 15-12, Tzu Wei berhasil memangkas ketertinggalannya menjadi satu poin saja di angka 17-18.

Bahkan, saat Jojo menginjak angka 20, Tzu Wei mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20 dan kemudian 22-22. Namun, sang jagoan Merah-Putih berhasil menemukan sentuhan terbaiknya lagi untuk mengamankan gim pertama dengan kemengangan 24-22.

Skor ketat kembali terjadi di awal gim kedua. Kedua pemain saling jual beli serangan dalam rally-rally panjang hingga skor imbang terjadi sampai mencapai skor 4-4 sebelum akhirnya Jojo menjauh dengan keunggulan empat poin, yakni 8-4.

Terus menyerang, pemain berusia 24 tahun itu mampu membuat Tzu Wei dalam posisi tertekan. Serangan-serangan bola silangnya pun memberikan beberapa poin tambahan untuknya dan dia memimpin 11-7 pada interval gim kedua.

Usai jeda, peraih emas Asian Games 2018 itu terus menjaga ritme permainannya. Dia tetap unggul dengan selisih empat poin sampai menginjak angka 15-11.

Variasi serangan bola tajam dan juga rally-rally panjang yang diterapkan Jojo berhasil membuat sang lawan kerepotan. Alhasil, gim kedua berhasil dikuncinya dengan kemenangan 21-16 dalam waktu 54 menit. 


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT