Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini menjuarai MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, Minggu (6/3/2022). (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Fitradian Dhimas Kurniawan

LOSAIL, iNews.id - Pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini merebut kemenangan MotoGP Qatar 2022. Dia meraih kemenangan perdananya di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, Minggu (6/3/2022).

Memulai balapan dari posisi keenam, Pol Espargaro langsung melesat sejak awal balapan. Dia kemudian disusul oleh rekan satu timnya di Repsol Honda, Marc Marquez.

Kejutan lainnya diberikan rider Red Bull KTM Factory, Brad Binder. Dia merangsek ke posisi ketiga, setelah memulai balapan dengan sangat baik dari peringkat ketujuh.

Sementara pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin yang menduduki pole position justru melorot. Dia kesulitan meningkatkan kecepatannya dan terjebak ke posisi ketujuh.

Memasuki putaran kedua, Marquez mencoba untuk merebut posisi terdepan. Namun, upayanya dihalangi begitu saja oleh Espargaro yang menjaga keunggulannya.

Sedangkan jagoan Suzuki Ecstar, Joan Mir terus menghantui tiga besar. Dia berada di belakang Binder, tetapi masih belum dapat menemukan celah untuk mencuri posisi podium.

Keadaan makin memburuk bagi Marquez pada putaran keenam. Pasalnya, dia kini harus turun ke posisi ketiga, setelah dia disalip oleh Binder. Marquez sempat membuat kesalahan, hingga akhirnya disalip.

Tidak hanya itu, Marquez juga terlempar dari posisi podium satu putaran kemudian. Dia disalip oleh rider Gresini Racing, Enea Bastianini, yang memaksimalkan tenaga Ducati miliknya.

Menggunakan ban berkompon lunak, Espargaro dengan nyaman terus memimpin. Namun, Binder yang mengandalkan ban medium, terus menempel di belakangnya dan menunggu kesempatan.

Petaka bagi Ducati pada putaran ke-12. Francesco Bagnaia kehilangan traksi pada ban depan dan terjatuh. Motornya lalu menabrak Jorge Martin, sehingga keduanya gagal melanjutkan balap.

Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini (23) memacu motornya dalam MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, Minggu (6/3/2022). (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Meski begitu, masih terdapat satu motor Ducati di podium. Apalagi setelah Bastianini dapat naik ke posisi kedua berkat aksinya yang menyalip Binder pada putaran ke-14.

Kejadian itu pun membuat sekaligus menguntungkan Espargaro. Dia dapat menjaga usia bannya, sembari terus berada di posisi terdepan hingga akhirnya mencapai putaran ke-19.

Pasalnya, Bastianini mampu mencuri keunggulan pada awal putaran ke-19. Espargaro kemudian melebar, dan hal itu dimaksimalkan Binder yang mencuri posisi kedua.

Dengan empat putaran tersisa, Bastianini mampu menjaga keunggulannya. Binder tak sanggup mendekat, sehingga Bastianini merebut kemenangan pada MotoGP Qatar 2022.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT