Jersey Michael Jordan di final NBA 1998 dilelang. (Foto: Twitter)
Rivan Nasri Rachman

NEW YORK, iNews.id – Jersey Michael Jordan di final NBA 1998 dilelang. Rencananya agenda tersebut dilakukan pada September 2022 mendatang.

Jersey Michael Jordan yang akan dilelang adalah seragam Chicago Bulls miliknya saat tampil di final NBA 1998. Menariknya baju penuh sejarah itu memiliki nilai estimasi penjualan 3-5 juta dolar Amerika Serikat atau sekira Rp44,3-74 miliar.

Jersey Chicago Bulls berwarna merah nan ikonik dengan nomor punggung 23 tersebut adalah seragam kedua yang dikenakan Jordan yang bakal dilelang.

Menurut Sotheby, sebagian besar jersey Jordan dalam Final NBA yang dijuarainya masih disimpan oleh yang bersangkutan, kecuali satu yang sudah dia donasikan ke Museum Nasional Smithsonian untuk Sejarah dan Budaya Afrika-Amerika.

Jordan menghabiskan sebagian besar kariernya di Bulls, di mana dia enam kali menjuarai NBA. Tetapi dia sempat kembali dari pensiun pada 2001 dan main dua musim bersama Washington Wizards.

Musim terakhirnya di Bulls diceritakan dari sudut pandang Jordan dalam serial dokumenter "The Last Dance" yang dirilis pada 2020.

"Musim 1997-1998 mungkin salah satu yang paling populer di antara penggemar Jordan, sebab Michael dianggap mencapai puncak kemampuannya sembari mengejar apa yang dipahami banyak kalangan sebagai kesempatan terakhirnya menjuarai NBA bersama Chicago Bulls," kata kepala koleksi streetwear dan modern Sotheby, Brahm Wachter, dalam keterangan pers yang dilansir oleh AFP dan dikutip ANTARA, Senin (15/8/2022).

Jersey yang akan dilelang tersebut nantinya akan dipamerkan terlebih dulu di Monterey, California, sebelum dikirim ke New York, di mana para penggemar berkesempatan menengoknya ketika lelang daring berlangsung pada 6-14 September 2022.

Memang, nilai estimasi Sotheby masih di bawah rekor memorabilia olahraga termahal pada Mei lalu ketika jersey Tangan Tuhan Diego Maradona terjual seharga 9,3 juta dolar AS. Tapi jersey final NBA 1998 itu akan tetap menjadi artefak termahal Jordan yang dilelang.

Balai lelang yang berada di New York itu, yang sejak 2019 dimiliki taipan telekomunikasi Prancis-Israel Patrick Drahi, sebelumnya sempat menjual sepasang sepatu Jordan seharga 1,5 juta dolar AS.

Jordan kini menjadi pemilik tim NBA Charlotte Hornets, yang bermarkas di area tempat dia tumbuh Carolina Utara. Sosok berusia 59 tahun itu dilaporkan masih mendapatkan jutaan dolar per tahun dari penjualan sepatu Air Jordan di bawah Nike.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT