Lika-liku perjuangan atlet Indonesia merebut medali di Olimpiade Tokyo 2020 dapat diikuti di News RCTI+. (Foto: MNC Media).
MNC Media

JAKARTA, iNews.id - Ajang Olimpiade Tokyo 2020 mendekati akhir. Sejauh ini Indonesia telah mengukir sejarah dengan merebut medali emas dari cabang bulutangkis ganda putri. 

Namun masih ada cabang olahraga lain yang akan diikuti. Lika-liku perjuangan atlet Merah Putih itu dapat disimak melalui News RCTI+.

Untuk diketahui, cuaca di Tokyo dalam beberapa hari terakhir ini memang kurang bersahabat. Badai dan angin kencang silih datang berganti. Namun kondisi ini tak menyurutkan semangat juang dari para atlet yang tengah berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.  

Belum lagi Olimpiade kali ini diselenggarakan saat dunia masih menghadapi Pandemi Covid-19. Tidak seperti penyelengaraan event olahraga sebelum pandemi, ada beberapa hal yang berbeda di Olimpiade Tokyo 2020.

Setiap pertandingan panitia membatasi penonton yang hadir ke venue. Bahkan penonton dilarang sama sekali datang ke tempat pertandingan. Seperti yang terjadi pada cabang olahraga bulutangkis, yang tidak dihadiri penonton. Di antara para pemain yang berlaga pun dilarang ada interaksi baik sebelum atau sesudah pertandingan.

Bulutangkis masih jadi andalan dari kontingan Indonesia untuk mendulang medali emas. Pasangan ganda putri Indonesia mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya masuk final cabang bulutangkis Olimpiade. 

Di final yang akan berlangsung pada Hari Senin (2/8) Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berebut medali emas dengan pasangan dari China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Di tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting merebut medali perunggu. Sayang unggulan pertama, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terhenti di perempat final. Begitu juga Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga gagal merebut medali. 

Meski tidak dihadiri penonton, cabang bulutangkis tidak kehilangan pamor. Persaingannya sangat ketat dan sengit. Hampir semua unggulan pertama di cabang ini berguguran sebelum masuk semifinal.

Kejutan besar terjadi di tunggal putra ketika pemain veteran Kevin Cordon (34 tahun) asal Guetemala berhasil menembus semifinal. Sesaat setelah mengalahkan Heo Kwang Hee, Kevin Cordon pun tak mampu menahan emosinya. 

Dia pun menangis sambil berguling-guling di pinggir lapangan. Sejarah pun dicatat oleh Kevin Cordon, sebagai atlet dari negeri kecil Guetemala yang berhasil masuk babak semifinal di ajang sebesar Olimpiade. Olimpiade memang ajang bergengsi bagi semua atlet yang berlaga.

Hanya diselenggarakan empat tahun sekali. Kali ini olimpiade molor jadi lima tahun karena wabah Covid. Tidak semua atlet bisa bertanding di ajang ini. Mereka harus bersaing terlebih dahulu di babak kualifikasi yang berlangsung 1 hingga 2 tahun sebelum penyelenggaraan. 

Sebagai atlet yang mewakili negara, mereka juga punya kebanggaan sekaligus beban, karena mewakili jutaan bahkan ratusan juta penduduk di negaranya masing-masing. Beban mewakili negara inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa banyak unggulan di masing-masing cabor yang sudah gugur di babak-babak awal sebelum mencapai final.

Seperti dialami petenis nomor 1 dunia asal Serbia Novak Djokovic yang tumbang di babak semifinal. Demikian juga dengan petenis putri andalan tuan rumah Jepang Naomi Osaka juga harus tersingkir sebelum masuk babak final.

Persaingan sengit masih akan terjadi di cabor-cabor yang lain. Di sepakbola putra misalnya Timnas Argentina yang baru saja menjuarai Copa America 2021, gagal melawati fase group. Di cabor ini,  Timnas Brasil kini diunggulkan untuk meraih emas. Selain Brasil, ada Spanyol dan Jepang yang juga difavoritkan bisa meraih emas cabor sepakbola.

Di perolehan medali emas seperti yang sudah diduga Amerika Serikat dan China bersaing ketat. Jepang sebagai tuan rumah untuk sementara menyodok di urutan kedua dalam daftar perolehan mendali sementara (Sabtu 31/7). 

Bagaimana perjuangan atlet Indonesia terutama di cabor bulutangkis saat merebut medali Olimpiade Tokyo? Ikuti News RCTI+ yang secara update dan lengkap mengabarkan berita Olimpiade Tokyo. 

Tidak hanya memantau upaya dari atlet kebangaan Indonesia, hasil-hasil pertandingan dari cabor populer seperti sepak bola, basket, atletik, renang, volly pantai juga bisa  diikuti melalui News RCTI+. Didukung oleh 83 publisher, News RCTI+ bakal terus menyajikan berita-berita terlengkap dan terkini dari ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berakhir 8 Agustus nanti. 

Co-Managing Director RCTI+ Valencia Tanoesoedibjo mengapresiasi perjuangan para atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Menurut dia, dukungan dan doa seluruh rakyat Indonesia sangat penting bagi kesuksesan para atlet dalam berjuang mengharumkan merah putih. ‘’Kami berkomitmen untuk memberitakan momen-momen menarik dan bersejarah di ajang Olimpiade Tokyo terutama berita mengenai perjuangan atlet Indonesia,’’ kata Valencia. 

Sebagai news aggregator, berita-berita di News RCTI+ disuplai oleh para publisher yang kompeten dan kredibel. Sejauh ini sudah ada 83 publisher dari berbagai genre yang sudah bekerja sama dengan News RCTI+. Sebanyak 83 publisher menyuplai berita 7.500 hingga 9.000 setiap hari ke News RCTI+ dalam berbagai isu di segala bidang. 

Ribuan berita tersebut ditampung dalam 14 kategori atau kanal. Yaitu, Berita Utama, Terkini, Populer, Otomotif, Travel, Ekonomi, Gaya Hidup, Muslim, Seleb, Teknologi, Olahraga, Global, Nasional, dan Infografis. News RCTI+ juga sudah menyediakan Topik Menarik untuk memudahkan pembaca mencari kumpulan berita menarik yang disukainya.

Publisher-publisher yang telah berkolaborasi dengan RCTI+ diantaranya : Okezone.com, Sindonews.com, Inews.id, Republika.com, Jawapos.com, Bisnis.com, Brilio.net, Tabloidbintang.com, Katadata.co.id, Rmol.id, rm.id, , Infobanknews.com, dan Inilah.com. Selain itu ada Indozone.id, Ayojakarta.com, pojoksatu.id, Alinea.id, Gwigwi.com, dw.com, todaykpop.com, Indosport, Skor.id, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya publisher yang home base-nya di Jakarta, News RCTI+ juga menggandeng banyak publisher berpengaruh yang markasnya di daerah. Sebut saja Radarjogja.com, Bantenhits.com, Ayosemarang.com, Ayobogor.com, Suarantb.com, Lombokpost.com, Suarasurabaya.net, Sumselupdate.com, Bukamatanews.id, Mandalapos.co.id dan masih banyak yang lain.  

News menjadi satu bagian penting dari lima pilar yang ada di RCTI+. Selain news, empat pilar lainnya adalah video, audio, home of talent (HOT), dan games. Sehingga jika sudah cukup dengan informasi berita di News RCTI+, para pembaca juga bisa langsung melanjutkan petualangannya dengan menonton original series dan original movies.

Selain itu, mendengarkan radio, bermain games hingga menonton bakat-bakat para seniman di home of talent (HOT). Banyak hiburan dan juga pengetahuan penting dan mengasyikkan tersaji sangat lengkap di RCTI+.  


Editor : Zen Teguh

BERITA TERKAIT