Profil biodata Andrea Dovizioso menarik untuk dibahas. Pembalap senior ini mengalami sensasi aneh ketika beraksi di MotoGP Mandalika 2022. (Foto: Instagram/@andreadovizioso)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata Andrea Dovizioso menarik untuk dibahas. Pembalap senior ini mengalami sensasi aneh ketika beraksi di MotoGP Mandalika 2022.

Dovizioso yang kini memperkuat tim RNF Yamaha menepi di pinggir lintasan dan tak melanjutkan lomba. Dia merupakan satu dari dua pembalap yang tidak finis dalam balapan MotoGP Mandalika, selain rider Pramac Ducati, Jorge Martin.

Martin sudah jelas tidak bisa melanjutkan balapannya karena crash. Dia mengalami kecelakaan tunggal saat memasuki tikungan pertama ketika balapan menyisakan 13 putaran lagi.

Namun, berbeda dengan Dovizioso yang tidak sama sekali mengalami crash. Dia terhenti begitu saja di pertengahan balap setelah menjalani tujuh putaran.

Dia start di urutan keenam belas dan terus memacu motornya dengan bagus hingga mampu bertarung di 10 besar. Namun masalah yang ada membuatnya menghentikan motornya di pinggir lintasan.

Setelah balapan, Dovizioso mengungkapkan dia baru saja mengalami sensasi aneh. Performanya terganggu karena dasbor motornya tidak berfungsi.

“Saya minta maaf. Ketika naik ke motor, dasbornya tidak berfungsi. Saya tidak bisa melakukan apa pun seperti meletakkan kontrol peluncuran dan mengubah pemetaan,” ucap Dovizioso dikutip laman Motosan, Minggu (24/4/2022).

“Saya hanya mencoba mengemudi, mencoba mendapatkan beberapa posisi. Saya merasa baik dengan motornya, meski ada beberapa kesulitan grip di sebelah kiri,” lanjutnya.

Profil Biodata Andrea Dovizioso

Nama Lengkap: Andrea Dovizioso

Tempat Lahir: Forlimpopoli, Italy

Tanggal lahir: 23 Maret 1986

Usia: 35 tahun

Nomor motor: 4

Tim Saat Ini: WithU Yamaha RNF MotoGP Team

Motor: Yamaha YZR-M1

Julukan: Profesor

Perjalanan Karier Andrea Dovizioso

Pada 2000, Dovizioso merebut gelar 125cc Italian Aprilia Competition. Dia juga memenangkan Kejuaraan Eropa 125cc pada 2001.

Dovizioso terjun ke kelas 125cc dengan tim Scot Honda pada 2002. Dia pun menempati urutan ke-16 secara keseluruhan. Prestasi terbaiknya adalah dua kali finis kesembilan di Le Mans dan Donington Park.

Pada 2003, bersama tim yang sama, dia finis kelima di klasemen keseluruhan dan mendapatkan empat podium. Dovizioso memenangkan lima balapan selama musim 2004 dan enam kali naik podium untuk merebut gelar juara kelas 125cc dengan 293 poin.

Pada 2005, dia beralih ke kelas 250cc. Bersama Scot Honda, Dovizioso meraih lima podium dan menduduki peringkat ketiga secara keseluruhan. Dia juga dinobatkan sebagai Rookie of the Year.

Setahun berselang, dia tetap dengan skuad yang sama, tetapi tim berganti nama menjadi Humangest Racing. Dia memenangkan dua balapan di Barcelona dan Estoril. Total, dia naik podium sebanyak 11 kali.

Pada 15 September 2007, Dovizioso menegaskan akan naik ke kelas MotoGP dengan skuad saat itu untuk musim 2008. Dia finis keempat di pembukaan musim di Qatar, melewati Valentino Rossi di lap kedua dari belakang, pada debutnya di kelas balap teratas.

Dovizioso menggantikan Nicky Hayden sebagai pembalap Repsol Honda untuk musim 2009. Dia pun berpasangan dengan Dani Pedrosa dari Spanyol. Dovizioso memenangkan balapan MotoGP pertamanya di Donington Park, Inggris , pada Juli 2009.

Pada 2011, Dovizioso kembali ke Repsol Honda untuk musim ketiga berturut-turut. Dia mengendarai motor yang sama dengan Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Saat itu, dia finis kedua untuk keempat kalinya di Republik Ceko.

Setahun setelahnya, Dovizioso pun finis di lima besar dalam tiga penampilan pertamanya untuk Tech3 pada 2012. Sementara itu, setelah Valentino Rossi kembali ke tim resmi Yamaha pada 2013, Dovizioso direkrut oleh Ducati untuk menggantikan Rossi.

Rekan lama Dovizioso di Tech 3, Cal Crutchlow, bergabung dengannya di Ducati. Alhasil, para pembalap, yang berkompetisi dengan Tech3 pada 2012, bersatu lagi di Ducati.

Dovizioso tetap bersama Ducati untuk musim ketiga berturut-turut. Dia pun berpartner dengan Andrea Iannone, sesama pembalap Italia yang pindah dari Pramac Racing. Dovizioso tidak berganti tim juga pada 2020. Sayang, pada akhir musim, Dovizioso berpisah dengan Ducati.

Dovizioso sempat menjadi pembalap penguji Aprilia Gersini pada musim 2021. Pada pertengahan musim 2021, Dovizioso bergabung dengan Petronas Yamaha. Pada musim 2022, dia tetap di Petronas Yamaha yang telah berganti nama menjadi WithU Yamaha RNF.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT