Profil biodata Brad Brinder sebagai salah satu pembalap MotoGP menarik untuk dibahas. Dia rider asal Afrika Selatan yang memperkuat Red Bull KTM. (Foto: JOSE JORDAN/AFP)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata Brad Brinder sebagai salah satu pembalap MotoGP menarik untuk dibahas. Dia rider asal Afrika Selatan yang memperkuat Red Bull KTM.

Brad Binder masih belum konsisten di musim 2022 ini. Dia sempat finis di podium kedua setelah Enea Bastianini saat di GP Qatar. Di GP Indonesia, Binder finis di urutan ke-8.

Sedangkan di GP Argentina, mengakhiri balapan di posisi ke-6. Di GP Amerika Serikat Binder finis di peringkat ke-12.

Sayangnya Brad Binder terjatuh di seri terakhir yakni GP Portugal 2022. Kini Brad Binder menduduki posisi ke-7 klasemen sementara dengan nilai 42.

Profil Biodata Brad Binder

Nama Lengkap: Brad Binder

Tempat Lahir: Potchefstroom, Afrika Selatan

Tanggal Lahir : 11 Agustus 1995 

Usia: 26 tahun

Tinggi Badan:

Tim Saat Ini: Red Bull KTM Factory Racing

Nomor Motor : 33

Perjalanan Karier Brad Binder

Brad Binder merupakan pembalap berkebangsaan Afrika Selatan yang lahir di Potchefstroom pada 11 Agustus 1995. Dia merupakan kakak kandung dari pembalap Darryn Binder. 

Binder telah menggeluti dunia balap sejak usia dini. Pada tahun 2009, dia mengikuti ajang Red Bull Rookies Cup. 

Dia mengikuti kompetisi tersebut selama tiga musim hingga akhirnya pindah ke Moto3 pada 2012. Nama Brad Binder mulai dikenal ketika dirinya menjuarai Moto3 pada tahun 2016.

Pada 2017, dia kemudian naik ke Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo. Musim itu, Brad Binder sukses meraih 3 podium kemenangan.

Pada 2019, Binder menampilkan performa apik dan berhasil merebut 9 podium yang lima diantaranya adalah podium pertama. Dia menduduki runner-up pada akhir musim tersebut di bawah Alex Marquez sebagai juara dunia.

Setelah itu, Binder naik kelas ke MotoGP bersama tim Red Bull KTM Factory Racing pada tahun 2020. Binder memenangkan podium MotoGP pertamanya saat putaran ketiga musim 2020 di Brno, Ceko. 

Hasil tersebut juga merupakan kemenangan balapan pertama bagi tim Red Bull KTM Factory Racing di kelas premier. Sayangnya, dia hanya menutup musim itu hanya dengan 87 poin saja karena melewatkan 4 pertandingan terakhir.

Di seri ke 11 musim 2021, Binder juga sempat meraih podium pertama. Dia berhasil menutup musim di posisi ke-5 klasemen akhir dengan 151 poin.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT