Maverick Vinales saat masih bersama Tim Monster Energy Yamaha. Kini Vinales dibuang Yamaha dan gabung ke Aprilia Racing.. (Foto: Instagram @yamahamotogp)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Inilah profil biodata Maverick Vinales, pembalap MotoGP yang dijuluki sebagai Top Gun. Vinales adalah pembalap berbakat asal Spanyol.

Vinales sempat merasakan berada di tim pabrikan Yamaha yakni Monster Energy Yamaha bersama sang legenda Valentino Rossi. Sayang, kebersamaannya dengan Yamaha tak berakhir dengan baik.

Pembalap berusia 27 tahun itu telah lima musim lamanya menjadi bagian pabrikan Yamaha Factory Racing. Kontraknya bersama Tim Garpu Tala diakhiri pada pertengahan musim 2021 karena ada masalah internal.

Pembalap Aprilia, Maverick Vinales. (foto: Twitter/Motorbikemag)

Kini Vinales menjadi bagian tim Aprilia Racing. Maverick Vinales merupakan Juara Dunia Moto3 2013 setelah memenangkan balapan Kelas Utama sebanyak 9 kali.

Profil Biodata Maverick Vinales

Nama Lengkap: Maverick Vinales Ruiz

Tempat: Figueres, Spanyol

Tanggal Lahir: 12 Januari 1995

Tim saat ini :Aprilia Racing

Nomor Motor : 25

Berat : 64 kg

Tinggi : 171 cm

Instagram: @maverick12official

Perjalanan Karier Maverick Vinales

Pada usia 12 tahun, tepatnya pada tahun 2007, Maverick sukses menjuarai Kejuaraan Catalan 125cc. Kemudian,pada 2009, Maverick Vinales sukses menyabet posisi runner-up kejuaraan CEV Buckler National 125GP Championship. Berkat penampilan impresifnya tersebut, Maverick Vinales sempat memperoleh gelar Rookie of the Year.

Tahun berikutnya yakni pada 2010, Maverick Vinales memenangi dua kejuaraan sekaligus. Ia menjadi yang terdepan di CEV Buckler 125GP dan European 125GP Championship. Pada 2011, Maverick lantas melanjutkan kiprahnya dengan berkompetisi di kelas 125cc. Ia sempat podium pertama di Sirkuit Le Mans, Prancis, dan menjadikannya pembalap ketiga termuda yang mampu memenangi balapan.

Pada 2014, Maverick Vinales berhasil menutup musim di kelas 125cc dengan menempati posisi ketiga setelah memenangkan 4 balapan. Ia kembali mendapatkan gelar Rookie of the Year di kelas Moto2 meski saat itu baru berusia 16 tahun.

Musim 2015, Maverick Vinales resmi bergabung dengan jajaran pembalap elite MotoGP bersama Suzuki Ecstar. Di tim barunya tersebut, dia menjadi partner Aleix Espargaro yang tak lain adalah saudara kandung dari Pol Espargaro.

Pada tahun 2017, Maverick Vinales lantas bergabung dengan tim Monster Energy Yamaha. Maverick Vinales berhasil satu tim bersama legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi.

Namun, Maverick Vinales gagal memenuhi ekspektasi Yamaha untuk memberikan gelar juara. Setelah 5 musim tepatnya pada 2021, terjadi sedikit konflik antara Maverick Vinales dan manajemen Yamaha. Hingga pada akhirnya Maverick Vinales bergabung ke Aprilia Racing dan kembali bertemu mantan rekan setimnya, Aleix Espargaro. 

Statistiknya di Moto GP sejak 2015 hingga saat ini adalah 123 kali start, dengan 9 kemenangan, dan 28 podium di kelas MotoGP. Hingga artikel ini tayang, Vinales tercatat meraup 1184 poin.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT