Profil biodata Viktor Axelsen sebagai pebulu tangkis dunia menarik untuk dibahas. Dia merupakan tunggal putra nomor satu dunia. (Foto: @viktoraxelsen)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata Viktor Axelsen sebagai pebulu tangkis dunia menarik untuk dibahas. Dia merupakan tunggal putra nomor satu dunia.

Axelsen menduduki ranking satu BWF. Dia menggeser rivalnya asal Jepang, Kento Momota. 

Peraih emas Olimpiade 2020 itu sempat mencuri perhatian di Indonesia Badminton Festival 2021 yang berlangsung di Bali. Sebab dia membawa putrinya yang super lucu bernama Vega.

Selain itu Axelsen juga berhasil jadi juara Indonesia Open 2021 usai mengalahkan jagoan Singapura Loh Kean Yew di final. Belakangan, namanya jadi sorotan setelah mengundurkan diri dari ajang Swiss Open 2022.

Padahal, ia sudah memenangkan satu pertandingan dengan mengandaskan wakil Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo. 

Axelsen seharusnya melanjutkan pertandingan dengan melawan tunggal India, Parupalli Kashyap. Namun, hal tak mengenakkan terjadi dan terpaksa membuatnya mundur.

Juara All England 2022 itu memutuskan mundur karena masalah kondisi badannya yang tidak bugar. Hal tersebut sempat disampaikan oleh Axelsen beberapa waktu lalu melalui media sosial resminya.

"Hai kawan. Di akhir pertandingan saya kemarin, saya mulai merasa tidak nyaman dan pada malam hari, saya merasa tidak enak badan. Tadinya saya berharap bisa pulih dan siap bertanding lagi hari ini, namun tidak demikian," tulis Axelsen dalam Instagram pribadinya, Kamis 24 Maret 2022.

"Saya benar-benar kecewa dengan hal ini karena saya sangat menikmati bermain di sini di Swiss dan telah menantikan untuk melihat bagaimana saya bisa melakukannya minggu ini," imbuhnya.

Profil Biodata Viktor Axelsen

Nama Lengkap: Viktor Axelsen

Tempat Lahir: Odense, Denmark

Tanggal Lahir: 4 Januari 1994

Tinggi: 194.00 cm

Tempat Tinggal Saat Ini: Valby, Copenhagen

Nomor: Tunggal Putra / MS

Ranking Saat Ini: MS 1 (per 2 April 2022)

Debut Internasional: 2009 Denmark Open Super Series

Anggota Tim Nasional: September 2010

Perjalanan Karier Viktor Axelsen

Viktor Axelsen lahir di Odense, Denmark, 4 Januari 1994. Pada usia 9 tahun, ayahnya mengenalkan dia dengan bulu tangkis. Saat itu, Viktor Axelsen bermain di klub bulu tangkis Odense.

Viktor Axelsen tinggal bersama sang ayah setelah orang tuanya berpisah. Kemudian, dia hidup sendiri di Kopenhagen saat usianya menginjak 17 tahun. Saat itu, dia pun bergabung dengan Timnas Denmark.

Ayahnya, Henrik Axelsen, menjalankan bisnis agensi periklanan selama beberapa tahun. Akan tetapi, dia sekarang bekerja sebagai manajer Viktor Axelsen. Sementara itu, Gitte Lundager, sang ibu, memiliki toko, salon, toko kosmetik dan toko pakaian di pusat Kota Odense.

Viktor Axelsen sempat dilabeli sebagai Pemain Terbaik Tahun 2004 oleh klub Odense. Prestasi Axelsen dimulai ketia memenangkan Kejuaraan Nasional Junior di ganda dan tunggal putra pada kelompok usianya pada 2006 dan 2008.

Saat masuk level senior, beberapa pemain unggulan pernah dikalahkannya, seperti Lin Dan (China). Ternyata, kemenangan itu cukup berarti bagi Axelsen yang mengaggumi sosok Lin Da. Selain itu, Axelsen juga mengalahkan Chen Long (China) di final di Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara itu, tunggal putra andalan Denmark itu telah memutuskan untuk pindah ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Menurut laporan media lokal, Axelsen akan berlatih di Nad Al Sheba (NAS) Sports Compex. Meski begitu, tunggal putra peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu akan tetap bertanding di bawah bendera Denmark.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT