Dua ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon disebut dari Malaysia. (Foto: PBSI)
Andhika Khoirul Huda

ODENSE, iNews.id – Dua ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon disebut dari Malaysia. Insiden memalukan ini terjadi di podium juara Denmark Open 2022.

Fajar/Rian meraih juara di turnamen Super 750 itu. Mereka mengalahkan Minions 21-19 dan 28-26 dalam laga yang berlangsung di Jyske Bank Arena, Minggu (23/10/2022) malam WIB itu.

Namun kesalahan fatal dibuat pihak penyelenggara saat kedua jagoan Tanah Air itu naik ke podium untuk menerima medali. Pertama, sang announcer memanggil Kevin/Marcus berasal dari Malaysia hingga membuat wajah pasangan ranking tiga dunia itu kebingungan.

Fajar/Rian dan Marcus/Kevin dibuat bingung MC turnamen karena salah sebut negara usai kedua pasangan bertanding di final Denmark Open 2022, Minggu (23/10/2022). (Foto: Twitter)

Kemudian, sang announcer juga menyebut Fajar/Rian merupakan duet asal Negeri Jiran. Sang juara pun turut bingung dengan pemanggilan tersebut kendati pada akhirnya kedua pasangan kebanggaan Indonesia itu tetap naik ke podium pertama dan kedua.

Kejadian itu pun ramai diperbincangkan di media sosial, khususnya Twitter. Netizen Tanah Air memprotes keras kesalahan yang dibuat oleh pihak penyelenggara Denmark Open 2022 yang dinilai tak profesional dalam melakukan tugas mereka.

Pasalnya, Denmark Open 2022 merupakan turnamen besar sehingga kesalahan seperti itu tentu sangat memalukan. Terlebih, Minions dan Fajar/Rian adalah pasangan yang populer di dunia bulu tangkis sehingga seharusnya semua pecinta olahraga tepuk bulu di muka bumi ini tahu mereka berasal dari Indonesia, apalagi pihak panitia.

Namun, pada akhirnya Badminton Danmark menyampaikan permintaan maaf mereka atas kejadian memalukan tersebut. Mereka mengakui itu murni kesalahan yang dibuat pihak mereka.

“Semuanya, Kami benar-benar minta maaf atas kesalahan pengumuman. Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo tentunya dari INDONESIA!” tulis akun Twitter resmi Badminton Danmark, @BadDK, Minggu (23/10/2022).

“Kami tahu itu. Itu adalah kesalahan manusia, dan kami harap Anda dapat menerima permintaan maaf kami,” lanjut cuitan tersebut. 



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT