Bob Hasan. (Foto: ANTARA)

Selain Lalu M Zohri, Bob Hasan Juga Sukses Orbitkan Atlet-Atlet Ini

Reynaldi Hermawan

JAKARTA, iNews.id – Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bob Hasan mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB. Semasa hidup, sentuhan tangannya membuat dunia atletik terus eksis di Tanah Air.

Sosok Bob memang sangat melekat dengan olahraga itu. Sudah empat dasawarsa lebih dia menduduki Ketua PASI. Saking cintanya dengan atletik, pria yang dijuluki Raja Hutan Indonesia itu rela merogoh kocek Rp10 miliar untuk membina atlet-atlet muda tiap tahun.

Bob juga tak segan mencari talenta-talenta muda berbakat ke seluruh penjuru Indonesia. Salah satu atlet yang berhasil diorbitkan yakni pelari asal Nusa Tengara Barat, Lalu Muhammad Zohri.

Nama Zohri menjadi buah bibir pada 2018 lalu ketika berhasil mengumandangkan Indonesia Raya pada ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 nomor 100 meter di Finlandia dengan catatan waktu 10,18 detik.

Jauh sebelum Zohri, sudah ada beberapa atlet yang namanya sukses dilambungkan Bob. Sebut saja seperti Purnomo Muhammad Yudhi yang mampu menjuarai Kejuaraan Atletik Asia Jakarta 1985 dan satu-satunya pelari Asia yang lolos semifinal lari 100 meter putra Olimpiade.

Selain Purnomo, ada pula nama Mardi Lestari yang terkenal sebagai manusia tercepat di Asia pada masa jayanya. Dia pernah menyabet medali emas SEA Games Singapura 1993, SEA Games Manila 1991, SEA Games di nomor 100 meter kemudian SEA Games Kuala Lumpur 1989 di nomor 100 meter dan 200 meter.

Di sektor putri, Bob juga berjasa mengorbitkan Triyaningsih yang mampu mengibarkan sang saka di acara SEA Games 2007, 2009, 2011, 2013 dan 2015.

Selain itu ada pula Maria Londa yang menyabet sederet prestasi seperti medali emas lompat jauh Asian Games 2014. Teranyar dia membawa emas ke pankuan Ibu Pertiwi pada SEA Games Filipina tahun lalu.

Tapi kini Bob si pengusaha yang mencintai atletik sudah tiada. Dia mentup mata untuk selama-lamanya di usia 89 tahun setelah berjuang melawan kanker. Jenazah disemayamkan di kediamannya Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sebelum dimakamkan di Semarang, Jawa Tengah sore nanti.


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT