Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting (Foto: PBSI)
Bagas Abdiel

BIRMINGHAM – Wakil Indonesia dipaksa mundur dari All England 2021. Bagaimana kronologinya?

Semua berawal saat wakil Indonesia berangkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Birmingham, Inggris, Sabtu (13/3/2021). Mereka sempat transit di Istanbul, Turki sebelum melanjutkan perjalanan ke Negeri Ratu Elizabeth.

Namun saat dalam pesawat dari Istanbul, ada satu penumpang yang ternyata dinyatakan positif. BWF baru memberitahu wakil Indonesia Kamis (18/3/2021).

Sesuai otoritas setempat akhirnya seluruh wakil Indonesia dipaksa mundur dari All England 2021 karena harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

"Sesuai dengan regulasi pemerintah Inggris. Jika berada pada satu pesawat yang sama dengan orang yang positif Covid-19, maka diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari," tulis keterangan PBSI.

"Sehingga, tim Indonesia dipaksa mundur dan melakukan isolasi sampai tanggal 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre, terhitung 10 hari sejak kedatangan tim ke Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu. Baik dari BWF maupun Panitia All England sendiri pun tidak bisa berbuat apa-apa karena hal ini sudah menjadi regulasi pemerintah Inggris," lanjut pernyataan tersebut.

Lebih lanjut, PBSI memastikan keadaan Anthony Sinusuka Ginting dan kawan-kawan kini baik-baik saja.

"Keadaan seluruh tim Indonesia yang berada di Birmingham saat ini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Hal ini merupakan kejadian luar biasa menyakitkan dan mengecewakan bagi kami semua."

Kejadian ini tentu membuat wakil Indonesia sangat kecewa. Sebelumnya ada tiga wakil Indonesia telah melangsungkan pertandingan di babak pertama dan lolos ke babak 16 Besar. Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Sementara tiga wakil lainnya yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Anthony Sinisuka Ginting, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum memainkan babak pertama. Ada pun, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sejatinya telah lolos ke babak kedua karena lawan mundur.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT