Fernando Alonso (Foto: Autosport)

Tak Peduli Soal Usia, Fernando Alonso Yakin Bisa Bersaing di Formula 1

Reynaldi Hermawan

OVIEDO, iNews.id – Pembalap kawakan Fernando Alonso bakal meramaikan lagi kompetisi Formula 1 (F1). Di musim 2021, dia akan bergabung dengan tim Renault.

Alonso dipercaya menggantikan peran Daniel Ricciardo yang hijrah ke McLaren. Meski tahun depan usianya 39, Alonso tetap yakin dapat tampil kompetitif.

“Saya melihat Formula 1 selama bertahun-tahun. Catatan waktu adalah satu-satunya hal yang terpenting, bukan usia,” kata Alonso dikutip dari F1i.

“Saya tidak pernah memiliki klasifikasi pada balapan berdasarkan paspor, tanggal lahir saya. Itu selalu tergantung dengan catatan waktu. Semoga saya masih cepat,” ujarnya.

Sebelumnya Alonso mencatatkan karier di F1 dari 2001-2018. Masa keemasannya terlihat di musim 2005 dan 2006 dimana ketika itu dia juara bersama tim Renault.

Sebelum dia, Michael Schumacher juga pernah comeback dari masa pensiun untuk memperkuat Mercedes di usia 40 tahun. Namun pembalap kebangsaan Jerman tersebut gagal bersaing.

Bos Renault, Cyril Abiteboul yakin Alonso tak akan mengalami hal serupa. Dia optimistis Alonso bisa bersaing dengan pembalap yang lebih muda.

“Yang paling penting bukanlah status fisik atau situasi. Itu lebih merupakan motivasi. Saya kira satu hal yang memengaruhi tingkat kinerja Anda pada usia tertentu adalah tingkat motivasi Anda,” tutur Abiteboul.

“Motivasinya kuat. Dan karena itu, usia bukan merupakan faktor penghambat seseorang,” ucapnya.


Editor : Bagusthira Evan Pratama

BERITA TERKAIT