Ganda putra Indonesia, Mohamad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (Foto: PBSI)
Antara

JAKARTA, iNews.id – Pebulutangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan membagikan tipsnya untuk tetap bugar saat menjalani ibadah puasa Ramadan. Dia mengaku rutin mengonsumsi madu saat sahur agar tetap bugar.

"Yang paling penting jangan lupa sahur. Lalu konsumsi madu dan vitamin," kata Ahsan.

Pasangan Hendra Setiawan itu mengatakan, selain rutin mengonsumsi vitamin yang mampu menjaga daya tahan tubuh, madu juga penting karena memiliki beragam khasiat, salah satunya dapat menjadi sumber energi bagi tubuh sehingga dirinya tidak mudah lemas meski sedang berpuasa.

Cairan manis hasil dari produksi lebah tersebut juga cukup membantunya agar tetap kuat menjalani puasa bersamaan dengan dirinya yang masih harus latihan rutin di pelatnas di Cipayung.

Sementara itu, dengan ditangguhkannya seluruh turnamen bulutangkis akibat pandemi virus corona, Ahsan bertekad menjalani puasa secara penuh tahun ini.

Saat kalender turnamen berjalan normal, Ahsan mengaku dirinya memang tidak bisa berpuasa secara penuh.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya enggak bisa puasa penuh. Tapi insyaallah tahun ini bisa puasa penuh," kata Ahsan.

Ramadan tahun ini memang berbeda bagi Ahsan dkk sebab biasanya mereka sedang mengikuti turnamen yang rutin berjalan setiap tahunnya.

Pada tahun lalu misalnya, Ahsan harus menjalani puasa Ramadan sambil melakoni New Zealand Open, Piala Sudirman, dan Australia Open 2019. Kondisi yang menguras stamina, belum lagi harus berpindah-pindah negara, membuat dirinya harus mengorbankan sebagian puasanya.

"Saya lupa berapa (puasa yang batal), yang jelas tidak full," tuturnya.

Ahsan dan pebulutangkis nasional lainnya kini masih menjalani pelatnas di Cipayung, meski adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang melarang kegiatan berkumpul lebih dari lima orang.

Namun PBSI sudah meminta dispensasi kepada Kemenpora agar bisa tetap menjalankan pelatnas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT