Upacara ASEAN Para Games 2022 dibuka dengan penampilan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan sejumlah artis. Ganjar tampil dengan memainkan kendang. (foto: Cikal/MPI)
Cikal Bintang Raissatria

SOLO, iNews.id- Upacara ASEAN Para Games 2022 dibuka dengan penampilan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan sejumlah artis. Ganjar tampil dengan memainkan kendang.

Upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (30/7/2022) malam WIB. Upacara pembukaan diawali dengan opening video dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, artis hiburan Tanah Air Dodit Mulyanto tampil membawa sebuah biola. Dodit terlihat berbincang dengan Ganjar Pranowo, berdiskusi sebelum penampilan Endah Laras yang menyanyikan lagu Bengawan Solo.

Dalam diskusi tersebut, tak jarang Dodit dan Ganjar bertukar gurauan yang mengundang gelak tawa dari penonton. Dengan gendang yang berkalung di badannya, Ganjar kemudian menghibur penonton.

Setelah puas bertukar gurauan, lagu Bengawan Solo kemudian mulai dinyanyikan oleh Endah Laras. Penyanyi berusia 45 tahun itu membawakan lagu Bengawan Solo bersama dengan Ardha Krisna.

Setelah lagu selesai, upacara pembukaan dilanjutkan dengan sesi pertunjukkan Wayang Sandosa. Pertunjukkan wayang ini menggambarkan menggabungkan unsur tradisional dan modern yang ditampilkan dengan ciamik.

Sang Dalang terlihat khidmat memainkan wayangnya di tengah panggung upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022. Para penonton pun terkesima menyaksikan penampilan Wayang Sandosa.

Di tengah-tengah pertunjukkan Wayang Sandosa, ada pesan tersirat tentang kesetaraan kemudian diakhiri dengan Budhalan serta penampilan EkosDance Company. Mereka menutup pertunjukkan wayang tersebut dengan sangat apik.



Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT