Ada 4 bapak dan anak yang perkuat Timnas Indonesia. Salah satunya andalan Pelatih Garuda saat ini Shin Tae-yong. (foto: Instagram/Rayhan Utina)
Andika Pratama

JAKARTA, iNews.id - Ada 4 bapak dan anak yang perkuat Timnas Indonesia. Salah satunya andalan Pelatih Garuda saat ini Shin Tae-yong.

Tak jarang seorang pesepak bola Tanah Air memiliki putra yang mengikuti jejaknya sebagai pengolah si kulit bundar. 

Di satu momen sang ayah beruntung mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia. Hebatnya putranya mengikuti jejak bapaknya memakai seragam dengan logo Garuda di dada.

Setidaknya ada empat bapak dan anak yang mendapat kesempatan tersebut. Siapa saja mereka?

Berikut 4 bapak dan anak yang perkuat Timnas Indonesia:

1. Rayhan Utina

Posisi pertama ditempati Rayhan Utina yang dipanggil untuk TC Timnas Indonesia U-19 pada 25 Agustus hingga 6 September 2022. Akan tetapi, dia dicoret oleh Shin Tae-yong.

Pemain muda Persija Jakarta itu pun tidak masuk dalam TC Timnas Indonesia U-19 berikutnya yang tengah berlangsung di Surabaya.

Perlu diketahui, Rayhan adalah putra dari legenda Timnas Indonesia, Firman Utina. Firman berjasa dalam medali perak Piala AFF 2010.

2. Arkhan Kaka Putra

Arkhan Kaka Putra adalah putra dari Purwanto Suwondo yang menjadi andalan Timnas Indonesia di SEA Games 2001 dan 2003. Arkhan mengikuti jejak sang ayah dengan memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, Arkhan baru membela Timnas Indonesia U-16. Di bawah asuhan Pelatih Bima Sakti Tukiman, Arkhan menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-16.

Di Piala AFF U-16 2022, penyerang muda Persis Solo itu mengoleksi dua gol. Dia membantu Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022.

3. Rachmat Irianto

Selanjutnya, ada gelandang bertahan Persib Bandung, Rachmat Irianto. Dia menjadi andalan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong sejak Piala AFF 2020.

Kinerja apik Irianto membantu Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020. Dia berjasa dalam medali perunggu Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Irianto mengikuti jejak sang ayah, Bejo Sugiantoro. Bejo menjadi andalan Skuad Garuda pada 1997-2004. Bejo membantu Timnas Indonesia meraih medali perak di SEA Games 1997 dan 1999.

4. Fandi Eko Utomo

Terakhir ada Fandi Eko Utomo. Pemain PSS Sleman ini tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti TC ternyar Timnas Indonesia.

Namun, dia sudah menctatakan 20 penampilan untuk Timnas Indonesia dengan koleksi empat gol.

Sebelum Fandi, sang ayah, Yusuf Ekodono, juga pernah mengenakan seragam Timnas Indonesia. Perlu diketahui, Yusuf membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 Manila.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT