Pelatih baru AS Roma Jose Mourinho (Foto: Reuters)
Reynaldi Hermawan

ROMA, iNews.id - Jose Mourinho ditunjuk menjadi pelatih AS Roma, Selasa (4/5/2021) malam WIB. Dia ditugaskan menggantikan peran Paulo Fonseca mulai 2021/2022.

Mourinho menandatangani kontra berdurasi tiga tahun. Artinya juru taktik asal Portugal itu akan meniti karier di Olimpico sampai 2024. 

Ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan The Special One untuk membawa I Giallorossi kembali berjaya. Berikut empat di antaranya dikutip dari The Sun, Rabu (5/5/20221):

1. Target Eropa

Saat ini Roma berada di posisi ketujuh klasemen Liga Italia dengan nilai 55. Klub Ibu Kota Italia itu tertinggal 14 angka dari AC Milan di tangga keempat alias Zona Liga Champions.

Roma dipastikan tak bisa tembus empat besar di empat laga tersisa. Mourinho dituntut mengembalikan performa tim musim depan demi bisa kembali mentas di Liga Champions.

Sebenarnya I Giallorossi masih bisa bermain di Liga Champions musim depan jika berhasil juara Liga Europa. Namun misi itu nyaris mustahil.

Sebab Roma kalah 2-6 dari Manchester United pada leg pertama semifinal. Edin Dzeko dan kawan-kawan membutuhkan kemenangan 4-0 untuk melaju ke laga final dan membuka peluang juara.

2. Benahi Skuat

Roma membutuhkan suntikan amunisi jika ingin bersaing di papan atas Liga Italia. Ada beberapa pemain yang bisa diboyong Mourinho.

Salah satunya mantan anak asuhnya di Tottenham Hotspur Erik Lamela yang kebetulan berniat hengkang. Gelandang Argentina itu sebelumnya sempat berseragam I Giallorossi pada 2011-2013.

Selain itu Mourinho juga bisa merekrut mantan anak asuhnya Nemanja Matic. Pemain Serbia itu sudah jarang mendapat menit bermain di Manchester United (MU).

Situasi itu bisa dimanfaatkan The Special One untuk membawanya ke Ibu Kota Italia. Matic akan membuat lini tengah Roma lebih kukuh.

3. Baikan dengan Anak Buah

Mourinho pernah berselisih dengan bek Roma Chris Smalling saat mereka masih berkarier di MU. Dia menyebut sang defender sebagai pemain yang ceroboh.

"Kami tidak akan memulai serangan dari belakang," tutur Mourinho dengan nada bercanda.

Dia juga memiliki hubungan yang acuh tak acuh dengan Henrikh Mkhitaryan di Old Trafford. Kini Mourinho punya kesempatan baikan dengan dua anak buahnya itu.

4. Setop Keperkasaan Mantan

Mourinho gabung Roma saat Inter Milan berstatus juara bertahan. Dengan kata lain dia dipaksa memutus keperkasaan sang mantan.

Pria berusia 58 tahun itu sempat menukangi I Nerazzurri periode 2008-2010. Di sana Mourinho membawa pulang treble winners ke Giuseppe Meazza.

Misinya menaklukkan mantan klub tak akan berjalan mulus. Sebab Inter ditangani pelatih jenius, Antonio Conte.

I Nerazzurri juga banyak dihuni mantan anak asuh Mourinho semasa melatih MU. Persona yang dimaksud adalah Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, Matteo Darmian dan Ashley Young.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT